Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Legislator: Data Ulang Seluruh Pedagang Sebelum Direlokasi

0

     Pariaman, Sumbar, jurnalsumatra.com – Ketua DPRD Kota Pariaman, Sumatera Barat, Mardison Mahyuddin meminta pemerintah setempat mendata ulang seluruh pedagang yang ada di Pasar Pariaman, agar tidak terjadi permasalahan saat relokasi dilakukan.
“Dengan adanya data yang valid relokasi pedagang akan mudah untuk dilakukan, dan semua pihak baik pedagang maupun pemerintah bisa saling bersinergi untuk membangun Pasar Pariaman,” kata dia di Pariaman, Senin.
Ia meneruskan, pendataan juga bertujuan agar para pedagang yang betul-betul terdaftar bisa menempati lokasi penampungan sementara saat perbaikan pasar dilakukan.
“Nantinya jangan ada pedagang yang terdaftar tidak memperoleh tempat, dan sebaliknya pedagang liar yang tidak terdaftar malah memperoleh lokasi berjualan dan itu harus dihindari,” jelasnya.
Selain itu pihaknya juga akan berusaha membantu dan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pembangunan Pasar Pariaman yang sudah dimakan usia tersebut.
Pimpinan DPRD sendiri akan menampung segala aspirasi dan keluhan masyarakat jika ada yang merasa dirugikan selama proses pengerjaan dan pembangunan Pasar Pariaman yang akan dimulai pada 2017.
“Kami akan terima keluhan masyarakat yang merasa dirugikan tersebut, tapi dengan kepastian bagian mana yang dirugikan,” ujarnya.
Ia menilai pembangunan Pasar Pariaman oleh pemerintah setempat secara besar-besaran sudah cukup layak untuk dilakukan demi menjaga kenyamanan, kebersihan, ketertiban, dan keselamatan khususnya para pedagang dan umumnya masyarakat yang datang ke sana.
“Pasar yang sudah ada sejak puluhan tahun tersebut dinilai sudah sewajarnya untuk dilakukan renovasi agar masyarakat kita lebih nyaman dalam berbelanja,” tambahnya.
Terpisah, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat, Gusniyetti Zaunit, mengatakan, pemerintah setempat dalam waktu dekat akan merelokasi seluruh para pedadang yang ada di Pasar Pariaman.
Berdasarkan data yang ada, hingga saat ini tercatat baru 265 pedagang yang terdaftar dan memiliki toko serta akan dipindahkan ke lokasi yang ditentukan.
Pihaknya sendiri juga akan melakukan pendataan bagi seluruh pedagang yang ada agar tidak terjadi permasalahan dengan para pedagang saat pemindahan dilakukan.
“Kami akan undang perwakilan para pedagang untuk membahas masalah pemindahan ini, semua pedagang rencananya direlokasi ke Lapangan Merdeka dan ke Jalan Sultan Syahril,” tambahnya.(anjas)