Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Petugas Berhasil Padamkan Kebakaran Lahan Di Dumai

0

     Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Petugas gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan masyarakat berhasil memadamkan kebakaran lahan seluas empat hektare di Kota Dumai, Provinsi Riau yang terbakar hebat pada Senin sore.
Kepala Kepolisian Resor Dumai AKBP Suwoyo melalui sambungan telepon di Pekanbaru, Senin malam, menjelaskan bahwa kebakaran tersebut terjadi di sebuah lahan kosong di Kecamatan Medang Kampai sekitar pukul 15.30 sore.
“Kebakaran itu terjadi setelah pemilik lahan membersihkan sampah di lokasi, sementara cuaca cukup panas beberapa hari terakhir,” jelasnya.
Seketika, lanjutnya, api yang berasal dari pembakaran sampah itu meluas dan menyebar hingga membakar lahan. “Api semakin tidak terkendali sehingga petugas gabungan langsung berupaya memadamkan api,” jelasnya.
Suwoyo mengatakan upaya pemadaman terbilang cukup alot karena  kondisi lahan yang kering disertai angin. Menurut dia, api baru berhasil dipadamkan bebepara jam kemudian.
Sementara itu, dia mengungkapkan bahwa sang pemilik lahan berinisial GN (61) yang diduga menyebabkan kebakaran saat ini diamankan di Mapolres Dumai guna menjalani pemeriksaan.
Lebih jauh ia menjelaskan saat ini lokasi kebakaran telah dipasangi garis polisi guna keperluan penyelidikan. Terkait kebakaran itu, Suwoyo terus mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan membersihkan lahan dengan cara membakar.
“Terlebih lagi cuaca dalam kondisi kering seperti ini yang berpotensi besar menyebabkan kebakaran lahan,” ujarnya.
Selain mengimbau agar tidak membakar lahan, ia juga memperingatkan kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan karena merupakan pemicu kebakaran lahan.(anjas)