Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Di Palembang, SU Satu Penyumbang Sampah Terbanyak

0
Di Palembang, SU Satu Penyumbang Sampah Terbanyak

Di Palembang, SU Satu Penyumbang Sampah Terbanyak

Palembang, jurnalsumatra.com – Meskipun setiap minggu Pemerintah Kota (Pemko) selalu melakukan kegiatan gotong-royong kebersihan di setiap kecamatan dan keluarahan di Kota palembang, Namun tidak mengurangi sampah-sampah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan. Pasalnya Dinas Kebersihan dan Keindahan (DKK) Kota Palembang mengklain belum ada penurunan yang signifikan sampah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan meskipun kagiatan gotong royong yang dilakukan setiap minggu terus digalakan.

Bahkan saat ini sampah yang diangkut hanya berkurang 50 ton perhari dari sebelumnya 700 ton per hari sampah rumah tangga masih menjadi langanan petugas DKK untuk mengangkutnya dari setiap pelosok kecamatan yang ada di Kota Palembang. Kepala DKK Kota Palembang Agung Noegroho pada jurnalsumatra.com mengatakan, dari 16 kecamatan yang ada, tercatat kawasan Seberang Ulu (SU) Kota Palembang menduduki peringakt satu penyumbang sampah terbesar di kota ini.

“Karena kan di SU itu kawasan padat penduduk. Hasil limbah harian warga memang banyak. Namun, kita selalu berusaha menekan jumlah sampah yang dihasilkan dari seluruh sektor di Palembang,” katanya, Kamis (18/2). Meski sampah di Palembang dapat ditanggulangi, katanya keberadaan bank sampah dibeberapa wilayah Kota Palembang cukup membantu.

“Seperti sampah eceng gondok di tepian sungai atau rawa, itu kan tidak perlu dibuang ke TPA. Cukup diolah karena beberapa kecamatan di Palembang sudah mampu mengelola sampah menjadikannya kompos,” terangnya.

Banyaknya sampah yang diangkut ke TPA juga membawah kebaikan sendiri untuk petugas DKK, karena bias dimanfaatkan untuk suplai untuk tenaga pembangkit listrik. “Manfaatnya pada operasional Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) yang berada di TPA Sukawinatan,” jelasnya.(ria)