Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Dua Hari, Puskesmas Jati Diserang Ulat Bulu

0
Dua Hari, Puskesmas Jati Diserang Ulat Bulu

Dua Hari, Puskesmas Jati Diserang Ulat Bulu

Lahat, jurnalsumatra.com – Ribuan ulat bulu menyerang Puskesmas Jati, Kecamatan Pulau Pinang, dan hampir seluruh ruangan dipenuhi mahkluk melata dan berbulu tersebut, dimana, kejadiannya sendiri telah berlangsung dua hari lalu.

Hal ini sidsapakan, Kepala PKM Jati, Luksianah SE, menurutnya, awalnya ulat bulu tersebut hanya sedikit jumlahnya dan oleh pegawai disapu.

“Namun, setelah dibersihkan datang terus ulat bulu tersebut yang berasal dari salah satu pohon dibelakang puskesmas, dan banyak pegawai berlari, karena berjatuhan diatas kepala atau naik ke kaki,” ujarnya

Menurutnya, dengan adanya ulat bulu tersebut, aktifitas pelayanan kesehatan mengalami gangguan, walaupun demikian, pihaknya tetap melaksanakannya, sehingga masyarakat yang berobat dilayani secara maksimal.

“Jelas, membuat geli dan takut, tapi kita tetap menjalankan kewajiban dalam memberikan pelayanan kesehatan secara optimal, sehingga masyarakat yang berobat terpenuhi dengan baik,” kata Luksianah.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Lahat, Ir H Hapit Fadli MM mengungkapkan, pihaknya setelah menerima laporan langsung menerjunkan petugasnya ke lokasi guna membasmi ulat bulu tersebut.

“Penyebaran ulat bulu tersebut dipengaruhi oleh adanya perubahan cuaca dari kemarau ke musim hujan, sehingga mereka melakukan berkembang biak disalah satu pohon,” ujarnya lugas.

Oleh sebab itu, Ia mengatakan, turunnya ulat bulu tersebut, kemungkinan besar disebabkan inang tempat mereka berkembang biak sudah tidak ada lagi atau penuh dengan ulat bulu.

“Dengan begitu, ulat bulu turun dari pohon untuk mencari inang baru dan apabila hal tersebut tidak segera diberantas berpotensi menjadi hama ulat bulu dan menyerang segala tanaman bahkan menganggu aktifitas penduduk,” ujar Hapit. (Din)