Obama Pandang Asean Miliki Potensi Luar Biasa

0

    Sunnylands, California, jurnalsumatra.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memandang ASEAN atau kawasan Asia Tenggara memiliki kesempatan untuk berkembang dan potensi yang luar biasa.
“Beberapa wilayah yang penting seperti Asia Tenggara menunjukkan kesempatan yang luar biasa,” kata Presiden Obama ketika memberikan “opening remarks” dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AS-ASEAN di Sunnylands, California, Senin sore waktu setempat atau Selasa pagi waktu Jakarta dengan perbedaan waktu California lebih lambat 15 jam dari Jakarta.
Sebagai Presiden, ia menegaskan bahwa biarpun Amerika Serikat menghadapi berbagai ancaman di seluruh dunia, kebijakan luar negeri juga harus mendapatkan ruang yang baru.
Sebagai Presiden, Obama memutuskan bahwa Amerika Serikat sebagai negara Pasifik akan melakukan penyeimbangan kembali dari kebijakan luar negeri mereka.
“Dan memainkan kembali peran yang lebih penting, lebih besar di Asia Pasifik,” katanya.
Hal itu, kata dia, termasuk keterlibatan AS di ASEAN yang merupakan kunci menuju kesejahteraan dan perdamaian.
“Dan kepada tujuan kita bersama dalam membangun wilayah,” katanya.
Ia menjadi tuan rumah acara itu untuk pertama kalinya dan Sunnylands dipilih karena merupakan kawasan yang tidak dingin dan tidak bersalju seperti di Washington D.C.
KTT AS-ASEAN merupakan pertemuan ketujuh antara AS-ASEAN yang diharapkan menjadi forum kerja sama dan kekuatan penyeimbang di kawasan Asia Pasifik.(anjas)