Rejanglebong Akan Kirim Perajin Makanan Ke DIY

0

    Rejanglebong, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, dalam waktu dekat akan mengirim sejumlah perajin makanan ringan di daerah itu guna belajar ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Rejanglebong, Suhandak di Rejanglebong, Selasa, mengatakan pengiriman sejumlah perajin makanan ringan tersebut dalam rangkan meningkatkan pengetahuan perajin untuk memberikan daya saing setelah berlakunya masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).
“Perajin makanan ringan yang akan di bawa ke Yogyakarta ini nantinya akan belajar cara membuat cemilan dari bonggol pisang yang bisa diolah menjadi kiripik, apalagi potensi tanaman pisang di Rejanglebong cukup banyak,” katanya.
Potensi tanaman pisang yang ada di Kabupaten Rejanglebong sendiri kata dia, sangat melimpah dan selama ini belum termanfaatkan terutama di bagian bonggolnya.
Kalaupun ada perajin yang memanfaatkan tanaman pisang selain buahnya untuk membuat kerajinan atau bahan pakan ternak itu belum maksimal dan diolah baru sebatas percobaan saja.
Para perajin yang mengikuti kegiatan pelatihan ini tambah dia, sebanyak lima orang. Para peserta ini merupakan perwakilan dari sejumlah kelompok pembuat makanan ringan yang tergabung dalam beberapa UKM.
“Rencananya kalangan perajin makanan ringan ini akan dikirim ke Yogyakarta pada bulan Mei, mereka akan belajar tekhnis pengolahan dan pembuatan kripik berbahan baku bonggol pisang selama satu minggu,” ujarnya.
Untuk itu dia berharap para perajin yang dikirim ini nantinya dapat memberikan pengetahuannya kepada perajin makanan ringan lainnya yang ada di Rejanglebong, sehingga bisa mengolah bonggol pisang menjadi cemilan yang bernilai ekonomis.(anjas)