Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


UP2KP Yahukimo Dorong Sanitasi Lingkungan

0

Jayapura, jurnalsumatra.com- Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua Regional Yahukimo berupaya mendorong bidang sanitasi lingkungan, mengingat kasus penderita malaria di daerah ini cukup tinggi.
“Kami mendorong salah satu bidang di Dinas Kesehatan untuk penanganan malaria, yaitu bidang sanitasi lingkungan, karena kasus malaria di Yahukimo cukup tinggi,” kata Ketua UP2KP Regional Yahukimo Jhon Ronsumbre, di Jayapura, Jumat.
Sebelumnya, UP2KP Regional Yahukimo menyebutkan, sembilan warga di Kabupaten Yahukimo, Papua dikabarkan meninggal dunia karena penyakit malaria sejak Desember 2015.
Jhon menjelaskan, pada Desember 2015, empat orang meninggal karena malaria, kemudian pada Januari 2016 sembilan orang meninggal karena malaria, sehingga jumlah keseluruhannya sebanyak sembilan orang.
“Mereka diduga meninggal karena pelayanan yang kurang efektif, klinik berjalan tidak secara kontinu mendatangi masyarakat, tapi juga penutupan pelayanan kesehatan di rumah sakit dan puskesmas,” ujarnya.
Menurut Jhon, pihaknya sudah membicarakan bidang ini di Provinsi Papua untuk ditindaklanjuti dan juga akan dibicarakan dengan Pemkab Yahukimo.
Terkait bidang sanitasi lingkungan ini, menurutnya, akan dibicarakan dengan Pemkab Yahukimo dalam hal ini dengan bupati terpilih sesuai dengan visi dan misi bupati dan amanat UU Otsus pasal 59.
Program prioritas bupati terpulih yakni mengoptimalkan pelayanan medis di tingkat kabupaten, distrik dan kampung terutama penyediaan fasilitas kesehatan dan kelancaran obat-obatan serta penempatan tenaga medis serta kenaikan tunjangannya.(anjas)