Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Autralia Siapkan Beasiswa Untuk Sumsel

0

PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Sumsel Kerjasama dibidang pendidikan dan Olahraga dengan Australia, Keseriusan kerjasama kedua belah pihak dibahas dalam pertemuan Konsul Menteri Bidang Ekonomi, Investasi dan Infrastruktur Kedutan Besar Australia Dr. Steven Barraclough dan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin di Palembang, selasa (23/03/2016)

Dr. Steven Barraclough, Minister Counsellor (Economic, Investment dan Infrastructure Branch) dari Kedutaan Australia mengatakan ada 9000 mahasiswa di Indonesia yang menimba ilmu pendidikan di negeri Kanguru. Menurutnya Australia  jagonya dalam bidang pendidikan, oleh sebab itu dari sektor pendidikan, pihaknya mempunyai beasiswa untuk Indonesia, khususnya Sumsel, punya bentuk kerjasama antar lembaga pendidikan, itu langkah pertama.

“Satu tahun beberapa beasiswa yang akan diberikan, ada pertukaran beberapa pelajar. Ini baru langkah pertama (penjajakan), nanti geser-geser tapi kearah sana (serius),” kata Steven usai bertemu Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di di Griya Agung Palembang, Selasa (24/2/2016).

Sejumlah bentuk kerjasama yang diusulkan yakni terkait rencana Sumsel untuk membangun Sekolah Jurnalistik dan pengelolaan kawasan olahraga terpadu yang akan dipusatkan di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Terkait kerjasama yang akan dilakukan di Sumsel, Steven menyatakan pihaknya masih akan mengkaji lebih jauh usulan dari Pemerintah Daerah setempat.

“Australia punya kemampuan dibidang pendidikan. Sudah ada 9000 mahasiswa Indonesia di Australia, jadi bidang yang mana harus kita kerjasamakan di Sumatera Selatan. Sudah ada beberapa usulan dari Pemerintah disini yang akan kita pertimbangkan.” Ujar Steven.

Selain pendidikan, juga ada beberapa infrastruktur terutama pengelolahan air dan limbah yang akan menjadi prioritas bantuan Australia ke Sumsel . Sejauh ini sudah 6000 rumah di Palembang yang telah diberikan sambungan air.

Rp 400 M lebih sudah diberikan ke Indonesia, tak hanya di Sumsel. Dana tersebut untuk 10 tahun ke depan. Dana tersebut bukan hanya khusus untuk pembangunan Sumsel saja tapi untuk seluruh di Indonesia.

“Tapi lewat hubungan saling kenal, saling sayang di Sumsel bisa lebih diintensifkan lagi,” tambah Steven yang mengaku sangat senang karena semalam sudah menyantap pempek asli Palembang.

Kerjasama yang akan dilakukan Australia di Sumatera Selatan merupakan tindak lanjut dari kerjasama sebelumnya. Ditahun 2013 Pemerintah Australia memberikan bantuan untuk pembangunan pengelolan air dan limbah dan pemasangan instalasi air bersih untuk 6000 rumah di Kota Palembang.

” Ya kita berharap kerjasama yang sudah ada maupun yang akan datang bisa terus dilaksanakan dengan baik,” tutupnya.(yuyun)