Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


BPJS Kesehatan Targetkan Kepuasan Peserta 85 Persen

0

Jakarta, jurnalsumatra.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menargetkan tingkat kepuasan peserta mencapai 85 persen pada tahun 2019.
“Tingkat kepuasan peserta saat ini 75-79 persen, ditargetkan tahun 2019 mencapai 85 persen puas. Kalau ditingkatkan lagi lebih bagus,” kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris di Istana Negara Jakarta, Selasa.
Menurut isu utama terkait BPJS Kesehatan saat ini adalah masalah pemantapan pelayanan kepada peserta.
“Era transisi sudah lewat, salah satu isu penting saat ini adalah pemantapan pelayanan,” ucapnya.
Ia menyebutkan isu lainnya adalah keberlangsungan finansial dan optimalisasi revolusi mental.
“Revolusi mental penting karena karena kultur organisasi harus ‘inline’ dengan semangat revolusi mental, etos kerja, integritas yang bagus dan semangat gotong royong,” tuturnya.
Ia menyebutkan Direksi baru BPJS Kesehatan pada Selasa ini jam 14.00 WIB akan langsung menggelar serah terima jabatan dengan direksi lama.
“Jam 16.00 WIB kami langusng rapat direksi perdana. Saya akan mendengarkan visi dan misi individual masing-masing anggota direksi,” ujarnya.
Sementara itu mengenai masalah “mismatch” yang dihadapi lembaga itu, Fachmi mengatakan ada tiga alternatif penyelesaian yaitu menaikkan iuran, mengurangi manfaat yang diberikan kepada peserta dan suntikan dana tambahan.
“Pilihan pemerintah adalah memberikan suntikan dana tambahan karena untuk meningkatkan iuran harus dibicarakan dulu dengan berbagai pihak,” ujarnya.
Ia menyebutkan keberadaan BPJS berdampak positif kepada masyarakat terutama para peserta. “Dari sekitar 160 juta peserta pemanfaatannya hampir 100 kali, itu membantu pemulihan kesehatan sehingga produktif secara sosial dan ekonomi,” kata Fachmi Idris.(anjas)