Dinkes Manado Sosialisasi PIN Polio

0

     Manado, jurnalsumatra.com – Dinas kesehatan (Dinkes) Manado, Sulawesi Utara melakukan sosialisasi kepada puskemas dan rumah sakit pemerintah menyambut pekan imuninasi nasional (PIN) polio 2016.
“Sosialisasi sudah kami lakukan, dan sekarang sudah mematangkan rencana untuk pelaksanaan PIN polio pada 8-15 Maret 2016,” kata Kepala Dinkes Manado, Robby Mottoh, di Manado, Jumat.
Mottoh mengatakan, untuk PIN polio nanti, vaksin dibagikan gratis dari Dinkes provinsi Sulawesi Utara, termasuk Manado juga mendapatkan jatah.
Dia mengatakan, Manado sudah mengajukan permintaan vaksin polio ke Dinkes Sulut, tinggal mengambilnya nanti pada awal Maret untuk digunakan pada waktu yang ditetapkan.
“Yang mengambil vaksin tersebut adalah langsung dari Puskesmas maupun rumah yang akan menyelenggarakan PIN,” katanya.
Untuk mengingatkan masyarakat mengenai PIN polio nanti, Dinkes melakukan sosialisasi secara gencar ke Puskesmas dan langsung ke masyarakat sehingga yang punya anak dibawah lima tahun tahu.
Dengan demikian menurutnya, maka mereka bisa membawa anak-anaknya umur ke pos PIN sehingga bisa mendapatkan imunisasi PIN untuk melawan virus polio liar.
Mottoh mengatakan, berdasarkan data di Dinkes, dalam rentang waktu beberapa tahun terakhir ini Manado tidak terdapat kasus polio yang dilaporkan.
Tetapi penyuluhan mengenai bahaya virus polio tetap dilakukan secara rutin untuk mencegah mewabahnya penyakit yang bisa menyebabkan cacat di kaki serta terhambatnya pertumbuhan manusia tersebut menyerang manusia.
Dia mengatakan, sebenarnya imunisasi polio tersebut dilakukan sebanyak empat kali mulai 2-5 bulan, sehingga virus dapat dicegah, namun saat PIN juga diberikan.
“Yang pasti kami menggencarkan sosialisasi untuk mengajak seluruh warga Manado brsama-sama mencegah polio untuk Indonesia kuat dan hebat,” katanya.(anjas)

Share.

About Author