Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Minahasa Tenggara Usulkan Jadi Daerah Simulasi KIA

0

Ratahan, jurnalsumatra.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa Tenggaraa siap untuk menjadi salah satu daerah yang melaksanakan simulasi penerapan Kartu Identitas Anak (KIA).
“Kita akan usulkan ke Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil untuk menjadi salah satu dari 50 daerah di Indonesia yang melakukan simulasi penerapan KIA,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Minahasa Tenggara, David Lalandos di Ratahan, Sabtu.
Dikatakan Minahasa Tenggara telah siap untuk melaksanakan penerapan KIA bagi para anak-anak usia 0-17 tahun tersebut.
“Kami sudah siap melaksanakan, termasuk dalam aplikasi dan sumber daya manusianya kami sudah siap untuk penerapannya. Makanya itu akan kita sampaikan ke Dirjen,” jelas David.
Lebih lanjut kata David salah satu pertimbangan untuk daerah yang bisa melaksanakan simulasi yaitu angka penerbitan Akte Kelahiran di atas 75 persen sudah dipersiapkan.
“Kita juga sedang memaksimalkan penerbitan akte kelahiran 0-17 tahun, karena itu syarat bagi penerbitan KIA,” katanya.
Dengan adanya kesiapan-kesiapan tersebut, David mengharapkan Minahasa Tenggara bisa menjadi salah satu daerah di Sulut yang bisa melaksanakan simulasi penerapan KIA.
“Kita berharap kita bisa dipercayakan oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil untuk melakukan penerapan KIA ini,” tandasnya.(anjas)