Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Curah Hujan Meningkat, OKI Siaga Banjir

0

Kayuagung, jurnalsumatra.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKI, Azhar mengatakan, penetapan status siaga bencana banjir. Hal tersebut  sehubungan dengan intensitas curah hujan yang terus meningkat di Bumi Bende Seguguk beberapa pekan terakhir.

Apalagi, sedikitnya ada tujuh Kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ditetapkan siaga bencana banjir.

“Berdasarkan pengalaman sebelumnya, ada tujuh Kecamatan yang rawan banjir yakni, Kecamatan SP Padang, Pampangan, Jejawi, Tulung Selapan, Kayuagung, Lempuing dan Lempuing Jaya,” ungkapnya, Senin (29/2/2016).

Penyebab banjir, selain curah hujan yang tinggi, juga akibat luapan dari Sungai Komering. Kemudian air kiriman dari wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

“Seperti halnya yang terjadi di Kecamatan Lempuing dan Lempuing Jaya. Kebanyakan yang terkena banjir adalah lahan pertanian, banjir kiriman dari OKU timur. Puncak banjir diperkirakan pada pertengahan bulan Maret dan April,” ungkapnya lagi.

Dijelaskan, saat ini belum ada wilayah yang terendam banjir di Kabupaten OKI. Beberapa Desa untuk di wilayah Kecamatan Lempuing dan Lempuing Jaya yang rawan terendam banjir,  tepatnya di Desa Sungai Belida, Lubuk Makmur, Mekar Jaya, Kepayang, Cahaya Tani Sumber Makmur dan Desa Cahaya Makmur.

“Kita sudah membentuk tim reaksi cepat. Ketika bencana datang, kita bisa menanggulanginya dengan maksimal dan cepat. Tim terdiri dari 100 personel, terdiri dari Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Kesehatan (Dinkes), Sat Pol PP dan beberapa Dinas terkait lainya. Dalam waktu dekat, tim sudah siap diturunkan jika memang terjadi bencana banjir atau bencana lainya,” jelasnya.

Kepala Dinsos OKI, Dwi Zulkarnain menambahkan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan bagi warga yang tertimpa musibah banjir. Seperti memberikan sembako siap makan, kelengkapan dapur umum dan tenda evakuasi.

Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) OKI, M. Salim AF menegaskan, pihaknya siap 24 jam jika diperlukan untuk membantu warga yang terkena musibah banjir.

Saat ini, jumlah anggota relawan Tagana tercatat 61 personel yang berada di OKI, siap melaksanakan tugas apabila diperlukan.

“Tagana OKI selalu siap 24 jam dalam memberikan bantuan pertolongan kepada warga yang tertimpa musibah apabila diperlukan,” tegasnya.(ata)