Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Desa Pedalaman Butuh Perbaikan Rumah Dinas Medis

0

     Muara Teweh, jurnalsumatra.com – Sejumlah warga di tiga desa di Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan perbaikan rumah dinas bagi tenaga kesehatan setempat.
“Rumah dinas tenaga kesehatan yang berada di desa dimana dirinya bertugas sudah kurang layak untuk dihuni, karena atap yang bocor, lantai yang bolong dan dinding rumah yang sudah mulai lapuk,” kata salah seorang bidan di Desa Liang Buah, Herlina ketika berada di Muara Teweh, Kamis.
Menurut dia, dirinya sudah enam tahun menjadi tenaga kesehatan di desa tersebut, namun belum ada perbaikan terhadap rumah dinas yang ditempatinya.

     Selain itu, kata dia, puskesmas pembantu (pustu) juga harus ada rehab. Pasalnya atap pustu juga bocor, selain itu alat kesehatan yang ada di pustu juga kurang, sehingga ia harus menyediakan alat kesehatan sendiri dengan dana pribadi.
“Selama ini tidak ada kendaraan dinas untuk operasional di desa maupun untuk menuju dinas kesehatan,” katanya didampingi tenaga kesehatan lainnya, Hartati.
Hal yang sama juga dikatakan tenaga kesehatan di Desa Gandring, Nurmawati. Rumah tenaga dinas kurang layak untuk dihuni, karena dinding dan atap sudah banyak yang bolong, dan untuk kamar mandi dinding bolong, dan saat ini hanya ditutup dengan kain.

     “Sehingga sulit sekali untuk dapat mandi, karena merasa was-was takut diintip oleh warga,” katanya.
Sebelumnya, kata dia, pada tahun 2011 rumah dinas sudah di renovasi, namun mulai rusak. Rumah dinas tersebut merupakan polindes yang merupakan bangunan PNPM.
Disamping kurangnya obat-obatan di pustu dikarenakan tidak adanya kendaraan dinas untuk mengambil suplai dari dinas kesehatan dan juga air bersih.
“Kami mengharapkan pemerintah daerah agar mengadakan pembangunan suplai air bersih, paling tidak melalui sumur bor,” pintanya.(anjas)