Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


BPBD Sumsel Waspada BAnjir dan Longsor

0

PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tetap mewaspadai ancaman banjir dan tanah longsor karena hujan diperkirakan masih akan turun.

Curah hujan yang masih tinggi terjadi dan telah mengakibatkan longsor serta banjir di sejumlah kabupaten/kota yang tergolong daerah rawan bencana seperti, Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, OKU Selatan, dan Musi Banyuasin.

Kepala BPBD Sumsel, Yulizar Dinoto, kamis (10/3/2016) mengatakan sejumlah daerah di Sumsel masih rawan longsor dan banjir, diantaranya longsor yang terjadi di Tanjung Sakti Kabupaten Empat Lawang dan di OKU Selatan beberapa hari lalu yang sempat menyebabkan terputusnya jalur lalu lintas di wilayah tersebut.

“Sebenarnya kita sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyediakan alat berat di lokasi yang rawan terjadi bencana,” ujarnya.

Dijelaskannya alat berat yang ada di daerah-daerah rawan bencana tersebut, harus disiagakan di posko bencana. Sehingga, ketika mendapat laporan warga bahwa diwilayahnya terjadi bencana longsor langsung segera diatasi.

Begitu juga longsor bisa saja terjadi saat musim hujan karena curahan air dapat mengganggu dataran tinggi terutama di wilayah perbukitan.

Oleh karena itu, pihaknya tetap waspada dengan menyiagakan fasilitas yang dimiliki untuk mengantisipasi banjir dan longsor tersebut.

“Alat berat juga disiagakan termasuk di kabupaten dan kota untuk menanggulangi jika bencana datang kita selalu berkoordinasi dengan daerah-daerah rawan bencana di Sumsel,” jelasnya.

Selain bencana longsor, saat ini Sumsel mewaspadai bencana banjir seperti yang terjadi di Musi Banyuasin. Bahkan, akibat banjir ini ada sejumlah sekolah yang terpaksa meliburkan siswanya. Hal tersebut, harus segera diatasi terlebih lagi siswa akan menghadapi Ujian Nasional (UN) dalam waktu dekat.(yuyun)