Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Irian Bhakti Distribusikan Beras PNS Puncak Jaya

0

    Jayapura, jurnalsumatra.com – Perusahaan Daerah (PD) Irian Bhakti mengaku telah mendistribusikan beras jatah untuk pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di wilayah pedalaman Kabupaten Puncak Jaya, Papua.
Pelaksana Tugas Direktur Utama PD Irian Bakti Elsye Pekade di Jayapura, Jumat, mengatakan beras bagi PNS di pedalaman Puncak Jaya pada Oktober, November dan Desember 2015 untuk “delivery order (DO)”-nya baru diterima pada Februari 2016 dan langsung didistribusikan.
“Jadi mekanisme penyalurannya dari pemerintah kabupaten setempat akan menyampaikan (DO) ke operator yang dalam hal ini adalah PD Irian Bhakti selanjutnya dari sini akan disampaikan ke Bulog, oleh Dolog nantinya baru dikeluarkan jumlah beras yang diminta,” katanya.
Menurut Elsye, biasanya jika penyaluran beras PNS di pedalaman terhambat atau tertunda maka mungkin saja ketika DO yang disampaikan oleh operator ke Dolog, ternyata persediaan berasnya kosong atau habis sehingga harus menunggu beras datang lagi.
“Khusus untuk Provinsi Papua dan Papua Barat, beras PNS bagi yang bertugas di pedalaman masih didistribusikan berupa barang bukan diuangkan,” ujarnya.
Dia menjelaskan jadi beras PNS ini dikhususkan untuk pegawai yang bertugas di distrik atau pedalaman sehingga tidak berlaku bagi pegawai lainnya yang bertugas di perkotaan.
“Beras PNS ini mendapat bantuan dari pemerintah, dalam hal ini ongkos angkutnya, berasnya sendiri sudah tersedia di Bulog, namun ongkos angkut beras ini sampai ke distrik atau pedalaman itu yang dibiayai pemerintah,” katanya lagi.
Dia menambahkan jatah beras bagi PNS di pedalaman khusus di Provinsi Papua dan Papua Barat pada 2015 tercatat 13 juta ton, dan tiap tahun akan berbeda mengingat jumlah pegawai yang berubah.(anjas)