Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pendidikan Bela Negara Bagi Pelajar SMA

0

Tabanan, jurnalsumatra.com – Asisten I Sekda Tabanan, Bali  I Wayan Yatnanadi membuka pendidikan pendahuluan bela negara bagi pelajar sekolah menengah atas (SMA) Negeri I Marga, Jumat.
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan tertulis dibacakan I Wayan Yatnanadi memberikan apresiasi terhadap pendidikan pendahuluan bela negara  bagi para siswa SMA sebagai upaya meningkatkan  bela negara dan rasa cinta terhadap tanah air.
Dengan adanya pendidikan bela negara dinilai relevan sesuai dengan undang-undang yang menyatakan setiap warga negara berhak ikut dalam  kegiatan bela negara.
“Dengan kemajuan teknologi  ancaman berupa intervensi kekuatan asing melalui ipoleksosbudhankam dan juga penyalahgunaan  narkoba serta penggunaan teknologi tidak pada tempatnya  dengan menyebarkan di media sosial  kebencian untuk memecah belah pesatuan bangsa,” ujar Bupati Tabanan.
Sementara Ketua Korps Menwa Ugracena Provinsi Bali, Bagus Ngurah Rai menjelaskan, pihaknya  membina siswa yang masih aktif maupun yang  sudah tamat menyangkut pendidikan bela negara.
Selain itu meminta bantuan  kepada seluruh masyarakat untuk menyebarluaskan  mengenai semangat bela negera karena anak-anak muda sekarang sangat berbeda dengan generasi yang dahulu.
Kepala Sekolah SMA N 1 Marga , Wayan Kantun Arimbawa  mengharapkan dengan pendidikan bela negara para siswa memiliki kepedulian terhadap perkembangan generasi muda  di sekolah cara khusus dalam pembinaan bela negara dan rasa cinta tanah air sejak dini.
“Siswa dan siswi  setelah mendapatkan pendidikan bela negara diharapkan bisa mandiri, dan rasa nasionalismenya meningkat, walaupun jumlah peserta sedikit, namun diharapkan juga  nantinya siswa-siswi peserta pendidikan bisa menularkan semangat nasionalisme kepada  teman-teman yang lain,” jelasnya.
Pendidikan Pendahuluan Bela Negara diselenggarakan SMA  Negeri 1 Marga bekerja sama  dengan Korps Menwa Ugracena Bali, berlangsung selama dua hari, 11-12 Maret 2016.(anjas)