Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


220 Pegawai Kemenko-PMK Jalani Tes Narkoba Mendadak

0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Sebanyak 220 pegawai di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menjalani tes urine narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) secara mendadak tanpa ada informasi sebelumnya.
“Kegiatan tes narkoba ini digelar secara rahasia dan informasinya tidak diketahui oleh para pegawai. Kami tidak pilah-pilih, semua pegawai yang dites ada 220 orang, mulai dari jenjang eselon I hingga staf,” kata Kepala Biro Hukum, Informasi dan Persidangan Kemenko PMK Sudarman di Jakarta, Senin.
Sudarman mengatakan para pegawai hanya mengetahui adanya acara “Penegakan Disiplin”, namun tidak mengetahui bahwa di dalam acara tersebut juga disisipkan tes urine dan sosialisasi bahaya narkoba.
Ia menjelaskan jika ada pegawai yang positif mengkonsumsi narkoba, akan dikenakan sanksi sesuai PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
Kemenko PMK berencana melakukan tes urine narkoba secara mendadak untuk 380 pegawai lainnya baik ASN maupun kontrak yang bhelum menjalani tes.
Sementara itu, BNN menyambut adanya acara “Penegakan Disiplin Pegawai Kemenko PMK” sebagai salah satu program pembangunan berwawasan antinarkoba sampai 2019.
“BNN menyambut positif Kemenko PMK mengadakan kegiatan yang tidak harus judulnya sosialisasi narkoba, tapi di dalam kegiatan Peningkatan Disiplin ini dimasukkan unsur penting, yakni tes urin dan sosialisasi antinarkoba,” kata Direktur Peran Serta Masyarakat BNN Shinta Dame Simanjuntak.
Shinta mengatakan tes urine narkoba di kementerian dan lembaga pemerintah sangat penting untuk membuat lingkungan bersih dari narkoba.
Menurutnya, jika nanti ada pegawai baik yang pemakai narkoba atau bukan pemakai paling tidak memiliki rasa takut untuk mengkonsumsi karena sewaktu-waktu ada tes narkoba.
Ia mengatakan selain Kemenko PMK, beberapa instansi lain telah melakukan kegiatan serupa, seperti Kementerian Bidang Politik, Hukum dan Keamanan dan TNI Angkatan Udara.(anjas)