Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


KPU Solok Selatan Evaluasi PILKADA Serentak

0

Padang Aro, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat melakukan evaluasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Desember 2015 untuk perbaikan pada Pilkada serentak selanjutnya.
“Evaluasi dilaksanakan selama tiga hari dan merangkum semua masukan dari penyelenggara serta Partai Politik dan Lembaga Swadaya Masyarakat untuk memperbaiki diri dalam menghadapi pemilu selanjutnya,” kata Ketua KPU Solok Selatan, Isyuliardi Maas di Padang Aro, Selasa.
Dikatakan, evaluasi ini untuk mencari kelemahan serta kesalahan selama penyelenggaraan Pilkada yang kemudian dirangkum dan dibuatkan rekomendasi untuk pemilu selanjutnya.
“Agar kesalahan yang sama tidak terulang lagi maka perlu dilakukan evaluasi agar penyelenggaraan pemilu berikutnya bisa lebih baik lagi,” katanya.
Sedangkan peserta evaluasi terdiri dari KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), Panwaslu, LSM, tokoh masyarakat serta Partai Politik peserta pemilu.
Selain itu katanya, pihaknya juga mendatangkan nara sumber untuk mencarikan solusi bagi permasalahan yang ditemukan.
“Hasil evaluasi ini dijadikan rekomendasi supaya pelaksanaan pemilu selanjutnya bisa menekan angka kesalahan,” katanya.
Pelaksanaan evaluasi sendiri difasilitasi oleh Jaringan Penggiat Pemilu dan dilaksanakan di Bukittinggi selama tiga hari.
Dia menambahkan, peserta evaluasi dibagi menjadi kelompok dan kemudian mendiskusikan masalah yang ditemukan dilapangan serta mencari solusi terbaiknya.
Salah seorang peserta evaluasi pilkada yang juga anggota PPK Sungai Pagu melalui akun facebooknya Jupri Anto menulis jika hari ini dalam kelompok satu dengan fasilitator Riswandi membahas masalah Data Pemilih,dan Sosialisasi Penyelenggaraan Pilkada Gubernur/Wagub sumbar, serta Bupati/Wabup solok Selatan.
Sementara itu Ketua Panitia Pengawas Pemilu Solok Selatan Muhammad Ansyar mengatakan, jika ia sedang menuju Bukittinggi untuk mengikuti kegiatan evaluasi tersebut.(anjas)