Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Balai Arkeologi Yogyakarta Teliti Situs Purba Sumedo

0

    Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Balai Arkeologi Yogyakarta akan melakukan penelitian Situs Sumedo di Kabupaten Tegal Jawa Tengah pada akhir Maret hingga April 2016.
“Penelitian ini selain untuk menggali data baru mengenai manusia, hewan, maupun artefak purba, juga menentukan luasannya yang sampai saat ini belum diketahui,” kata Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta Siswanto di Yogyakarta, Selasa.
Menurut dia, sebenarnya rencana penelitian sudah sejak beberapa tahun terakhir, pendataan terus dilakukan, mengenai fosil manusia purba dan ada alat artefak manusia purbanya.
“Meski sebelumnya sudah sempat diteliti, namun sampai sekarang masih belum diketahui berapa luasannya. Karena data terus bertambah. Sampai saat ini ukurannya sekitar 6×7 kilometer,” katanya.
Ia mengatakan, situs Sumedo sendiri berada di tengah hutan. Karena begitu pentingnya temuan itu, pihak Balai Arkeologi Yogyakarta akan membentuk tim pelestari.
“Itu untuk menjaga keamanan situs tersebut dari orang-orang yang tak bertanggung jawab sekaligus juga membangun sebuah museum di sekitarnya,” katanya.
Siswanto mengatakan untuk rencana pembangunan museum situs di lokasi tersebut sampai saat ini masih dalam proses perencanaan.
“Pembangunan Museum Situs Purba Sumedo saat ini masih dalam proses,” katanya.
Ia mengatakan selain meneliti situs di Sumedo, Tegal, Jawa Tengah, pihaknya juga sedang melakukan beberapa penelitian lagi, terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.
“Penelitian tersebut di antaranya Situs Patiayam di Kudus, Jawa Tengah, temuan di Trenggalek, Jawa Timur dan juga di Banyuwangi, Jawa Timur. Masih banyak temuan,” katanya.(anjas)