Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Dana Desa Kota Gunungsitoli Rp62,5 Miliar

0

     Gunungsitoli, Sumut, jurnalsumatra.com – Alokasi dana desa yang digulirkan pemerintah pusat untuk Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, pada tahun 2016 sebesar Rp 62,5 miliar.
“Jumlah itu naik dari tahun sebelumnya yang hanya Rp27,8 miliar,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Gunungsitoli, Arham Dusky Hia, di Gunungsitoli, Selasa.
Untuk tahun 2016, penyaluran dana desa mengalami perubahan, yakni pencairannya menggunakan metode 60 persen untuk tahap pertama dan 40 persen untuk tahap kedua.
Sebelumnya, pencairan dibagi tiga tahap, untuk tahap pertama 40 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 20 persen.
Dana desa yang diterima dari pusat, 90 persen dibagi rata diseluruh desa yang layak menerima dana desa, Sedangkan sisa yang 10 persen, dibagi secara proposional sesuai luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin, dan indeks kesulitan geografis.
Desa yang layak menerima dana desa adalah desa yang telah menetapkan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes).
Sebelum dana desa disalurkan ke kas desa, dana tersebut terlebih dahulu masuk ke rekening kas umum daerah, baru dikirim ke rekening desa yang telah memenuhi syarat menerima dana desa.
“Untuk pencairan dana desa, Pemkot Gunungsitoli tidak membuat syarat tambahan. Syarat pencairan dana desa telah diatur sesuai peraturan Menteri Keuangan, dan penggunaan dana desa tahun 2016 di Kota Gunungsitoli, difokuskan pada pembangunan fisik,” katanya.(anjas)