Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


DKP : Butuh Komitmen Semua Elemen Wujudkan Kebersihan

0

Padang, jurnalsumatra.com – Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menyatakan bahwa membutuhkan suatu komitmen dari semua elemen guna wujudkan daerah tersebut bersih.
“Komitmen harus ada dari pemerintah, swasta dan masyarakat guna mewujudkan misi pemerintah menjadikan Padang yang bersih, terang dan sehat,” kata Kepala Dinas DKP Padang, Afrizal Khaidir di Padang, Sabtu.
Dia menyebutkan yang pertama komitmen dari pemerintah yakni pencanangan program pengelolaan sampah menjadi program prioritas yang harus perlu diselesaikan.
Selain itu komitmen pemerintah dalam melaksanakan tugas dalam membuang sampah.
Swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui dana Corporate Social Responaibility (CSR) komitmen membantu dalam hal materi.
Dalam hal ini CSR patuh pada peraturan undang-undang yang mewajibkan sebagian dana untuk pembinaan lingkungan.
Kemudian komitmen masyarakat untuk menjadikan kota bersih dan sehat harus dibangkitkan, tambahnya.
“Membangkitkan komitmen masyarakat tidaklah mudah butuh sosialisasi bertahap dan intensif,” katanya.
Dalam membangun komitmen masyarakat tersebut diperlukan adanya regulasi yang jelas untuk mengaturnya.
Regulasi ini akan berjalan jika pemerintah, swasta dan masyarakat telah menguatkan komitmen dan peranannya dalam upaya kebersihan.
Sebagai contoh Perda No 12 tahun 2012 tentang denda atau sanksi yang diberikan kepada  masyarakat bila membuang sampah sembarangan di lingkungan kota.
“Bila kesemua komitmen ini berjalan cita-cita mencapai kebersihan kota yang maksimal dapat terealisasi,” ujarnya.
Sementara itu pengamat bidang lingkungan, Fadjar Goembira mengatakan hal utama yang menentukan berhasil atau tidaknya program lingkungan yakni pemberian edukasi kepada masyarakat.
Edukasi ini, sebut dia, bukan hanya sosialisasi saja melainkan juga ajakan, pendekatan dan penerangan kepada masyarakar tentang pentingnya kebersihan lingkungan.(anjas)