Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Hanura Sumsel uji kelayakan 60 calon ketua DPC

0

Palembang, jurnalsumatra.com – Dewan Pimpinan Daerah Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Sumatera Selatan melakukan uji kelayakan dan kepatutan 60 calon Ketua Dewan Pimpinan Cabang atau tingkat kabupaten dan kota seprovinsi setempat.

Uji kelayakan dan kepatutan atau “fit and proper test” calon Ketua Dewan Pimpinan Cabang Hanura 17 kabupaten dan kota Sumsel dipimpin Ketua Bidang Pembinaan wilayah Sumatera III Heri Lontung Siregar,” kata Ketua DPD Hanura Sumatera Selatan Mularis Djahri, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, para calon ketua itu diminta penjelasannya mengenai konsep kerjanya untuk membesarkan partai dan dinilai kepribadiannya baik yang diperoleh dari masukan berbagai pihak maupun selama berhadapan dengan tim “fit and proper test” yang terdiri unsur pengurus daerah dan pusat itu.

Jika dalam proses penjaringan itu ada satu calon yang dinilai layak dan patut, tim hanya akan merekomendasi satu calon dalam musyawarah cabang untuk ditetapkan secara aklamasi sebagai ketua begitu pula sebaliknya jika ada lebih dari satu akan direkomendasikan semuanya untuk mengikuti pemilihan secara demokrasi.

Calon ketua yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan ini, tidak semuanya berasal dari kader partai tetapi banyak juga berasal dari luar Hanura.

Untuk mendapatkan figur pemimpin partai di tingkat kabupaten dan kota se-Sumsel ini, pihaknya sangat terbuka dengan pihak eksternal partai.

“Kami tidak mempermasalahkan adanya tokoh masyarakat, kalangan profesional, dan pemuda dari luar partai yang mendaftar menjadi calon ketua Dewan Pimpinan Cabang Hanura jika memiliki konsep program yang jelas, rela berkorban untuk membesarkan partai akan diakomodir dan direkomendasikan mengikuti muscab,” ujar Mularis.

Sementara Sekretaris DPD Partai Hanura Sumsel Zakaria Abas menjelaskan bahwa berdasarkan data dari panitia penjaringan calon ketua DPC se-provinsi periode 2015-2020 yang dibuka sejak 26 Februari 2016 serta pengembalian formulir dan penyerahan berkas kelengkapan calon pada 10 Maret, bursa calon pimpinan tingkat kabupaten dan kota di provinsi ini cukup diminati.

“Kami mengundang para kader partai, tokoh masyarakat, kalangan profesional yang berminat untuk maju menjadi calon ketua DPC Hanura di 17 kabupaten/kota. Siapapun yang dinilai memenuhi persyaratan serta memiliki komitmen untuk memajukan dan membesarkan partai akan direkomendasikan mengikuti musyawarah cabang,” ujarnya.

Menurut dia, jika seluruh rangkaian tahapan proses penjaringan calon ketua DPC se-Sumsel berjalan sesuai rencana dan jadwal yang ditentukan, akan dilaksanakan musyawarah cabang secara bertahap mulai April 2016.

Pelaksanaan muscab DPC Hanura se-Sumsel diupayakan sesuai jadwal yang ditetapkan mengingat seluruh kepengurusan di tingkat kabupaten/kota sudah habis masa baktinya pada Juli 2015, dan diperpanjang sampai muscab serta terpilihnya ketua baru, ujar Zakaria.(anjas)