Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Ishak Mekki: Manfaatkan SDA Yang Dimiliki Sumsel

0
Ishak Mekki: Manfaatkan SDA Yang Dimiliki Sumsel

Ishak Mekki: Manfaatkan SDA Yang Dimiliki Sumsel

Palembang, jurnalsumatra.com – Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) merupakan lumbung Sumber Daya Alam, untuk itu manfaatkanlah SDA yang ada di Provinsi Sumsel. “Sumsel memiliki banyak sekali SDA seperti Batubara, Minyak Bumi, Gas, Listrik, Panas Bumi, Air dan Gunung Dempo serta lainnya. Jadi manfaatkan dan kembangkanlah SDA yang dimiliki Sumsel ini tentunya dengan bantuan tenaga para ahli,” ujar Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, H Ishak Mekki saat menghadiri dan sekaligus membuka Seminar Internasional Peringatan Hari Bumi 2016 dengan tema ‘Energy For Life, Environment To Live, Earth Day Is Everyday’ yang diselenggarakan oleh Yayasan Alam Melayu Sriwijaya (MALAYA) di Kuto Besak Theater Restaurant (KBTR) Jl Sekanak no 46 Palembang atau Belakang Kantor Walikota Palembang, Rabu (23/3).

Ishak Mekki mengatakan, dengan dimanfaatkan dan dikembangkannya SDA yang dimiliki Provinsi Sumsel, tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Sumsel. “Contoh SDA yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan yaitu panas bumi yang dapat dikembangkan atau dimanfaatkan untuk tenaga listrik terbarukan. Nah energi ini tidak akan merusak lingkungan,” katanya.

Jika ada yang memanfaatkan dan mengembangkan SDA yang dimiliki Sumsel, maka Pemerintah akan mensuport agar energi terbarukan tersebut dapat terwujud. “Selain ada Panas Bumi yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi energi terbarukan, masih ada juga Gunung Dempo, Air Terjun dan Sungai yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan menjadi energi terbarukan,” ujar Ishak Mekki

Ishak Mekki menjelaskan, adapun dukungan atau suport yang diberikan pihaknya kepada investor yang akan mengembangkan dan memanfaatkan sda sumsel menjadi energi terbarukan yaitu dengan memberikan kemudahan dalam melakukan investasi. “Kita tidak hanya mendukung dan mensuport di bidang kelistrikan saja melainkan juga bidang perkebunan dan lainnya,” ungkap Ishak.

Diungkapkannya, untuk Listrik sendiri pihaknya sudah membangun tenaga listrik dengan kapasitas sebesar 35.000 ribu Mega Watt. “Dengan kapasitas sebesar ini, SDA seperti Batubara dapat dibakar untuk dijadikan sumber energi Listrik,” ungkap mantan Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) ini.

Ishak Mekki menambahkan, digelarnya Seminar Internasional Peringatan Hari Bumi 2016 dengan tema ‘Energy For Life, Environment To Live, Earth Day Is Everyday’ yang diselenggarakan oleh Yayasan Alam Melayu Sriwijaya (MALAYA) di Sumsel sangat pas karena potensi yang dimiliki Sumsel sangat luar biasa sekali. “Nanti untuk rekomendasinya akan kita bawa ke Pemerintah Pusat sehingga  dapat diberikan untuk mendapatkan support anggaran,” pungkasnya.(relis humas pemprov sumsel)