Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Padang Panjang Siapkan 415 Orang Pengawas Un

0

Padang Panjang, jurnasumatra.com – Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, telah mempersiapkan 415 guru untuk mengawasi Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA).
Kepala Bidang SMP/SLTA Dinas Pendidikan Padang Panjang, Desmon di Padang Panjang, Sabtu mengatakan, pengawas UN dari berbagai tingkatan tersebut masing – masing 201 orang dari guru setingkat SLTA dan 214 orang dari guru SLTP.
“Masing-masing sekolah mengutus sesuai dengan jumlah kelas,” ujarnya.
Ia menambahkan, untuk pengawasan UN tahun ini pihaknya akan menambah pengawas dari perguruan tinggi, namun tidak di lokasi pelaksanaan UN.
Dalam memilih guru yang bisa menjadi pengawas pada pelaksanaan UN, Dinas Pendidikan sudah memberlakukan beberapa indikator.
“Di antaranya disiplin kerja baik, senior, dan kalau bisa guru yang mata pelajarannya tidak di UN-kan serta memiliki dedikasi yang tinggi,” sebutnya.
Sementara dari segi persiapan, Dinas Pendidikan memberikan pembekalan kepada calon pengawas yang sudah dipersiapkan seputar tugas pengawas selama UN berlangsung.
“Pengawas UN 2016 ini akan bertugas dua orang per lokal dengan memakai sistem silang murni pada masing-masing tingkatan sekolah,” jelasnya.
Menurut dia, pengawasan dengan sistem silang murni akan bisa meminimalisasi tingkat kecurangan murid dan guru sekolah. “Selain itu kami juga sudah menerapkan sistem kejujuran pada murid,” ujarnya.
Dengan adanya silang murni tersebut, lanjut dia, hasil yang didapat dari setiap siswa betul-betul murni atas kemampuannya sendiri.
Ia juga menegaskan, apabila ada indikasi kecurangan antara murid dengan guru pengawas seperti memberitahukan kunci soal, maka pihaknya tidak akan segan-segan memberikan sanksi kepada guru maupun siswa tersebut.
“Karena tidak tertutup kemungkinan, seorang guru pengawas akan bertepatan dengan saudaranya yang mengikuti ujian di salah satu sekolah di Padang Panjang ini,” tambahnya.
UN tahun ajaran 2015/2016 di Padang Panjang akan diikuti 4.055 orang, masing-masing 1.727 siswa SLTP dan 2.299 siswa SLTA.(anjas)