Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pemkot Mataram Berikan Kebebasan BNNK Tes Urine

0

     Mataram, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, memberikan kebebasan kepada Badan Narkota Nasional Kota (BNNK) Mataram untuk melakukan uji narkoba melalui tes urine kepada jajaran pejabat dan aparatur sipil negara di kota ini.
“Kami memberikan keleluasaan kepada BNNK untuk melakukan apa yang menjadi program di birokrasi sesuai dengan protapnya,” kata Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di Mataram, Senin.
Wakil wali kota yang ditemui seusai mengikuti uji narkoba melalui tes urine mengatakan, kegiatan ini secara simbolis menjadi komitmen kepala daerah untuk mendukung program pemberantasan narkoba dari BNNK Mataram.
Dukungan ini, katanya, dinilai perlu mengingat kondisi negara saat ini sudah masuk darurat narkoba, sehingga dibutuhkan upaya terus menerus dari pihak-pihak terkait serta pemangku kepentingan dalam upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

     “Karena itu, kita bisa berikan dukungan setiap agenda yang dilakukan BNN,” sebutnya.
Sehubungan dengan itu, Mohan juga berharap agar BNNK melakukan uji narkoba melalui tes urine kepada semua apartur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kota Mataram.
Tujuannya, sebagai bentuk pembinaan terhadap semua ASN khususnya di lingkup Pemerintah Kota Mataram.
Meskipun, sambungnya, pemerintah kota tidak bisa menutup mata karena kemungkinan itu pasti ada, karena itu BNN silakan melaksanakan sesuai protapnya.
“Sementara masalah sanksi administratif menjadi ranah kami,” katanya.
Artinya, kalau dalam tes urine ada ASN dinyatakan positif narkoba, kepala daerah tidak akan tanggung-tanggung memberikan sanksi bahkan pemecatan.
“Pemerian sanksi pemecatan kalau memungkinkan, kenapa tidak,” kata Mohan.

     Namun demikian, lanjutnya, sebelum memberikan sanksi tentu pihaknya akan melakukan kajian sejauhmana keterlibatan ASN bersangkutan terhadap barang haram itu.
“Apakah dia itu pengguna, atau pengedar kan perlu kami jajaki dulu sebelum memberikan sanksi,” ujarnya.
Menurutnya, tes urine di kalangan ASN itu dilakukan bukan  karena banyaknya pengguna narkoba di kalangan ASN, tetapi ini lebih kepada sikap dan komitmen yang ditunjukkan pemrintah kota untuk dukung program BNN.
Seusai upacara di halaman Kantor Wali Kota Mataram, BNNK Mataram melaksanakan tes urine kepada wali kota, wakil wali kota, sekda serta jajaran kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat.(anjas)