Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


WHDI Tabanan Gelar Workshop Etika Berbusana

0

Tabanan, jurnalsumatra.com – Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kabupaten Tabanan, Bali menggelar Workshop mengusung tema “Etika berbusana adat ke pura Yang Benar” melibatkan seluruh anggota organisasi tersebut di tingkat kecamatan dan desa.
Kegiatan yang berlangsung sehari penuh di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Tabanan dengan instruktur Ayu Ketut Agung, pengelola salon Agung di Kota Denpasar.
Ketua panitia kegiatan tersebut Ny. Sumiati Miarsana menjelaskan, Workshop bertujuan meningkatkan pengabdian, khususnya wanita Bali dalam mempertahankan budaya Umat Hindu.
Dengan demikian diharapkan tidak terjadi ketimpangan dalam memperoleh hak serta kewajiban antara perempuan dan pria di Pulau Dewata.
Untuk meningkatkan peran serta WHDI Kabupaten Tabanan dalam  ikut membangun sesuai visi dan misi yakni Tabanan Serasi, dinilai sangat penting memberikan keterampilan kepada para perempuan sehingga mereka tahu bagaimana tata cara  berbusana yang benar sesuai dengan etika.
Bupati Tabanan  Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan tertulis dibacakan staf Ahli Bupati Ni Nyoman Warsi menyatakan, kegiatan keterampilan bagi wanita Bali diharapkan dapat ditingkatkan di masa-masa mendtang.
“Ini merupakan tugas yang besar, mengingat kita sebagai seorang ibu bagaimana kita harus  mengajarkan kepada anak bagaimana cara berbusana adat ke pura yang baik dan sopan”, ujarnya.
Ia menilai, tema kegiatan sangat sederhana, namun mengandung arti dan makna yang sangat mendasar. Mengingat akhir-akhir ini banyak anak-anak remaja dalam menggunakan pakaian adat ke pura tidak sesuai dengan Adat dan Budaya Umat Hindu.(anjas)