Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Babinkamtibmas Dikerahkan Antisipasi Gerakan Terorisme Di Sulselbar

0

    Makassar, jurnalsumatra.com – Kepala Kepolsian Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Irjen Pol Pudji Hartanto Iskandar memaksimalkan peran Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtbmas) untuk mencegah adanya gerakan radikalisme berujung ke terorisme.
“Hari ini kita akan memulai Operasi Bina Waspada Lipu Jajaran Polda Sulselbar dan akan berlangsung selama 21 hari ke depan,” ujarnya dihadapan anggotanya di Makassar, Selasa.

   Kapolda mengatakan Operasi Bina Waspada Lipu diikuti personel Babinkantibmas di semua Polres wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar).
Pengerahan personel di setiap Polres masing-masing akan melibatkan 30 personel Babinkamtibmas yang akan berperan aktif melakukan upaya preentif (pembinaan).
Pudji berharap kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi gerakan-gerakan terorisme khususnya di kalangan generasi muda.
“Peningkatan kewaspadaan menjadi target utama dalam operasi ini, sebab wilayah hukum Polda Sulselbar berbatasan langsung dengan Sulawesi Tengah yang menjadi pusat kamp teroris Santoso,” katanya.

    Mantan Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang itu menuturkan, pihaknya telah menerima informasi jika jaringan Santoso saat ini sedang terdesak dan kekurangan stok makanan.
Dengan kondisi serba kekurangan dan terdesak itu, lanjut Pudji, jaringan Santoso bisa berpindah tempat untuk mencari teritorial baru dan membangun jaringannya kembali.
“Ini yang harus kita antisipiasi karena kondisinya sudah terdesak. Makanya, para Babinkamtibmas ini kita suruh turun melakukan pemantauan ke masyarakat. Setiap ada perkembangan harus selalu dilaporkan,” jelasnya.
Selain itu, pada operasi Bina Waspada Lipu itu, para personel Babinkamtibmas bisa memberikan pencerahan dan penguatan mental terhadap masyarakat, khusunya di wilayah perbatasan langsung dengan Sulteng.(anjas)