Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


DIKNAS: Infrastruktur Untuk UNBK Tidak Ada Masalah

0

Ternate, jurnalsumatra.com – Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate, Maluku Utara, menyatakan infrastruktur di delapan SMA/sederajat di Ternate yang akan menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tanggal 4-7 April 2016 tidak ada masalah.
“Infrastruktur komputer di delapan SMA/sederajat yang akan menyelenggarakan UNBK itu sudah tersedia 30 persen dari jumlah siswa yang akan mengikuti UNBK , bahkan ada SMA yang menyiapkan komputer cadangan sampai 10 unit,” kata Kepala Diknas Kota Ternate Mochdar Din di Ternate, Selasa.
Begitu pula kapasitas “server” jaringan internet di delapan sekolah SMA/sederajat penyelenggara UNBK tersebut sudah ditambah, sehingga selama proses berlangsungnya UNBK diharapkan tidak ada masalah mendasar terkait dengan layanan internet.
Teknisi dan operator komputer di masing-masing SMA/sederajat tersebut, kata Mochdar Din, juga telah mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga jika terjadi masalah terkait dengan komputer atau jarinan internet saat berlangsungnya UNBK bisa langsung diatasi.
Para siswa di delapan SMA/sederajat yang akan mengikuti UNBK tersebut juga telah mengikuti simulasi UNBK yang dilaksanakan sekolah masing-masing, sehingga para siswa dipastikan memiliki kesiapan dalam segala hal saat mengikuti UNBK nanti.
Menyinggung kemungkinan terjadinya pemadaman listrik PLN saat berlangsungnya UNBK, Mochdar Din mengatakan, sudah diantisipasi dengan cara di setiap sekolah menyiapkan mesin genset, selain itu Diknas juga sudah menyurat ke PLN untuk tidak melakukan pemadaman listrik selama berlangsugnya UNBK.
Di Maluku Utara selain delapan SMA/sederajat di Ternate yang akan melaksanakan UNBK, juga ada sembilan SMA/sederajat lainnya di Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Utara dan Kabupaten Halmahera Selatan yang akan UN serupa dengan jumlah  keseluruhannya sebanyak 2.500 siswa lebih.
Mochdar Din menambahkan, khusus untuk SMA/sederajat di Ternate yang akan melaksanakan UN secara manual, naskah soalnya sudah dikirim dari panitia UN Maluku Utara dan akan didistribusikan ke seluruh sekolah dengan pengawalan dari aparat kepolisian.(anjas)