Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


FPPP: DPR Harus Proporsional Bangun Perpustakaan

0

Jakarta, jurnalsumatra.com – Fraksi PPP DPR RI menilai Dewan Perwakilan Rakyat harus proporsional terkait dengan rencana pembangunan perpustakaan parlemen dengan terlebih dahulu melihat ruang fiskal yang tersedia.
“Dalam hal ini harus proporsional dalam melihat skala priorotasnya. Kalau ruang fiskalnya memang sulit, DPR harus berbesar hati (menunda pembangunan perpustakaan parlemen),” katanya di Gedung Nusantara III, Jakarta, Selasa.
Arsul mengatakan bahwa FPPP meminta pimpinan DPR RI agar menanyakan Pemerintah apakah moratorium pembangunan gedung yang beberapa waktu lalu diputuskan juga berlaku bagi DPR.
Selain itu, menurut dia, apakah ada ruang fiskal memadai dan tanpa mengganggu prioritas program-program kesejahteraan rakyat sehingga gedung perpustakaan DPR itu bisa dibangun.
“Jika jawaban Pemerintah adalah ya dan keterbatasan ruang fiskal kita digunakan untuk program-program kesejahteraan rakyat, DPR harus berjiwa besar,” ujarnya.
Ia mengatakan bahwa DPR harus mengalah untuk mendahulukan program-program yang menyangkut kesejahteraan rakyat terlebih dahulu.
Selain itu, menurut dia, apakah perpustakaan parlemen itu merupakan hal yang urgen atau tidak, belum dikaji secara independen.
Sebelumnya, dukungan pembangunan perpustakaan tersebut disuarakan kalangan akademisi dan budayawan mengusulkan kepada pemimpin DPR untuk membangun perpustakaan umum parlemen, Selasa (22/3).
Usul tersebut disampaikan oleh pendiri Freedom Institute Rizal Mallarangeng yang datang ke Gedung DPR bersama ilmuwan sosial Ignas Kleden, politikus Partai Demokrat Ulil Abshar Abdalla, novelis sekaligus budayawan Ayu Utami.
Hadir pula aktivis sosial budaya Nong Darol Mahmda, penggiat budaya atau pionir pustaka perdesaan Nirwan Arsuka, serta dosen Universitas Paramadina Lutfhi Assyaukanie.
Usul itu disampaikan mereka kepada Ketua DPR Ade Komarudin dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.(anjas_