BPBD Bantul Catat 12 Lokasi Pohon Tumbang

0

Bantul, jurnalsumatra.com- Pusat Pengendalian dan Operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat 12 lokasi kejadian pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang pada Rabu (30/3) sore.
Kepala Pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto di Bantul, Kamis, mengatakan 12 kejadian pohon tumbang karena dampak peristiwa alam tersebut tersebar di empat kecamatan Bantul yaitu Kecamatan Banguntapan, Kasihan, Sewon dan Pleret serta Kecamatan Imogiri.
“Di Banguntapan ada sembilan lokasi, namun ada satu lokasi tiga pohon roboh, sementara di wilayah Sewon, Kasihan dan Pleret masing-masing satu lokasi. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,” katanya.
Namun demikian, menurut dia, tumbangnya pohon tersebut berdampak pada kerusakan bangunan yang tertimpa, seperti di wilayah Banguntapan dialami warung, jalur irigasi dan rumah berteduh untuk penjaga Dam air serta rumah sebagai tempat usaha rusak.
Selain itu, pohon tumbang yang berdiamater lebih dari 50 cm menimpa lahan pekarangan dan tempat usaha warga, juga pohon berdiameter 30 cm jatuh menimpa mobil yang sedang parkir, kemudian rumpun pohon doyong menimpa jaringan listrik.
“Ada lima rumah yang tertimpa pohon, namun rata-rata cuma atapnya saja, sehingga kerusakannya tidak begitu parah, cuma ada satu warung yang rusak parah namun tidak jelas pemiliknya. Namun untuk taksiran kerugian masih dalam perhitungan,” katanya.
Selain menyebabkan pohon tumbang, derasnya air hujan pada Rabu (30/3) sore juga menyebabkan tanah longsor di wilayah pedukuhan Tambalan Desa Srimartani, serta laporan tanah longsor di wilayah Kasihan yang hingga saat ini masih dipastikan kebenarannya.
Sementara itu, Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Bantul, Rokhim mengatakan, dari seluruh kejadian pohon tumbang tersebut sebagian langsung ditangani personel BPBD, namun bagi yang belum penanganganya dilanjutkan pada Kamis (31/3) termasuk sejumlah fasilitas yang mengalami kerusakan.
“Kalau kerusakan lebih banyak dampaknya ke arus lalu lintas, karena pohon tumbang menimpa jalan akses jalan lingkar timur, sehingga sempat terjadi kemacetan selama lima menit. Sementara kalau korban jiwa maupun luka tidak ada,” katanya.(anjas)