Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Kejari Akan Limpahkan Berkas Korupsi Dana Kemiskinan

0

    Mukomuko, jurnalsumatra.com – Kejaksaan Negeri Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi anggaran pengentasan kemiskinan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat tahun 2011-2013 ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).
“Sekitar seminggu lagi berkas perkara dugaan korupsi dana miskin kita limpah ke Pengadilan Tipikor,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Mukomuko Sugeng Riyanta MH, di Mukomuko, Rabu.
Sebanyak tiga orang tersangka dalam kasus korupsi penyalahgunaan anggaran pengentasan kemiskinan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat tahun 2011-2013 dengan kerugian negara sebesar Rp500 juta.

    Kajari menyatakan, berkas  penyidikan korupsi dana miskin telah diyatakan lengkap atau P21 oleh penuntut umum sejak hari Senin (28/3).
Saat ini, katanya, sedang proses penyempurnaan dakwaan, kemudian minggu depan penyerahan tahap dua berkas tiga orang tersangka dan barang bukti dari penyidik ke jaksa penuntut unmum (JPU), setelah itu berkas  dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor.
Diakuinya, target pelimpahan berkas kasus korupsi dana miskin pada bulan Maret 2016 meleset selama satu minggu.
Menurut dia, target pelimpahan berkas korupsi dana miskin di daerah itu meleset karena tersangka HJR oknum anggota DPRD Provinsi Bengkulu mengajukan praperadilan.
Tersangka ini mengajukan gugatan praperadilan karena merasa keberatan dengan statusnya dirinya sebagai tersangka dalam kasus korupsi ini.
“Tetapi gugatan tersebut ditolak hakim. Karena penetapannya sebagai tersangka itu sesuai dengan prosedur,” ujarnya lagi.(anjas)