Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Penyidik Kejagung Segera Panggil Mantan Kajati Maluku

0

      Jakarta, jurnalsumatra.com – Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus), segera memanggil mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku, Chuck Suryosumpeno terkait dugaan korupsi penjualan aset milik terpidana korupsi yang tidak sesuai prosedur.
Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus), Arminsyah, di Jakarta, Rabu, mengakui belum menjadwalkan pemeriksaan namun nantinya akan diperiksa.
“Belum ada jadwal (pemeriksaan),” katanya.
Seperti diketahui, dugaan korupsi penjualan aset milik terpidana korupsi itu, telah ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan.
Chuck Suryosumpeno sendiri sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Pemulihan Aset (PPA) Kejagung.

      Arminsyah menjelaskan dugaan kasus korupsi itu terkait adanya indikasi penjualan barang atau aset terpidana korupsi seharusnya dapat digunakan untuk menutup uang pengganti, namun penjualan dilakukan dengan tidak sesuai prosedur.
“Dijual dengan cara tidak benar, antara lain ada pemalsuan padahal penjualnnya sudah meninggal, jadi dibuat seolah-olah penjual masih hidup untuk menjual (aset),” katanya.
Ia menambahkan seharusnya aset bernilai tinggi atau sesuai dengan NJOP, namun dijual dengan herga rendah. “Dijual di bawah NJOP sehingga uang yang masuk ke negara tidak maksimal,” tegasnya.
Chuck Suryosumpeno sendiri saat ini sedang menggugat Jaksa Agung RI HM Prasetyo melalui PTUN terkait dengan pencopotan dirinya sebagai Kajati Maluku tertanggal 18 November 2015.(anjas)