Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Massa Nilai Bupati Lahat Takut Pada Perusahaan

0
Massa Nilai Bupati Lahat Takut Pada Perusahaan

Massa Nilai Bupati Lahat Takut Pada Perusahaan

Lahat, jurnalsumatra.com – Keinginan yang sampai saat ini belum ada titik terang, antara kaum buruh yang tergabung dalam Serikat Buru Sejahtera Indonesia (SBSI) dan PT SBWP terkait PHK sepihak yang dilakukan perusahaan belum juga mencapai titik temu. Pemkab Lahat memberi deadline (Jangka waktu-red) selama Empat hari kepada PT SBWP untuk menyelesaikan tuntutan dari para karyawannya.

Seperti disampaikan, Ketua SBSI Erwin, kedatangan kembali kekantor Pemkab Lahat karena pihak perusahaan belum ada itikad baik untuk menyelesaikan tuntutan termasuk upah bulan Maret 2016. Bahkan bagi yang sudah dipecat tidak diberi pesangon sehingga seakan-akan PT.SBWP tidak memiliki prikemanusiaan dan memperlakukan karyawan seperti budak.

“Perusahaan sering mangkir dan membuat aturan sendiri sehingga kami meminta pihak Pemkab Lahat untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi,” tegasnya, diOproom Pemkab Lahat.

Selain itu, saat karyawan mendatangi perusahaan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pihak PT SBWP justru mengancam akan mengganti para pekerja dengan yang baru jika tidak menturuti aturan perusahaan.

“Yang jelas, saat ini kami menilai PT SBWP sudah menjadi begal. Kami siap kepengadilan jika perjuangan kami sia-sia, harapan pekerja kiranya diperlakukan secara tidak jelas,” tambahnya lagi.

Wakil Bupati Lahat Marwan Mansyur,MM mengungkapkan, Pemkab Lahat akan segera memanggil pihak PT SBWP dan perwakilan SBSI guna menyelesaikan masalah yang ada. Sebelumnya pada tanggal 31 Maret 2016 pihak perusahaan telah diberukan surat peringatan namun tidak hadir dalam pertemuan yang telah diagendakan.

“Pemkab Lahat tidak bisa serta merta mengambil keputusan tanpa mendengarkan keterangan dari kedua belah pihak. Musyawarah bisa putus jika ada titik temu namun permasalahan yang ada malah sebaliknya,” kata Marwan, dalam pertemuan di Oproom, kemarin. (Din)