Dinas PU Minta Rekomendasi Pembangunan Jalan Hutan

0

Jayapura, jurnalsumatra.com – Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua meminta pemerintah kabupaten dan kota di daerah ini untuk menyerahkan rekomendasi permintaan pembangunan jalan yang melewati kawasan hutan konservasi atau hutan lindung.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua Mikael Kambuaya, di Jayapura, Selasa, mengatakan sesuai peraturan Menteri Kehutanan, pemerintah kabupaten harus memberikan rekomendasi tentang persetujuan jalur mana yang akan dilewati untuk pembangunan jalan melewati kawasan konservasi itu.
“Pemerintah kabupaten dan kota yang memerlukan jalan itu, sehingga harus menyerahkan surat dukungan permintaan dan rutenya agar tidak menyalahi jika melewati kawasan hutan lindung,” katanya lagi.
Menurut Mikael, nantinya setelah rekomendasi atau dukungan mengenai persetujuan permintaan itu sudah ada, maka pihaknya bersama instansi terkait seperti Balai Konservasi Sumberdaya Alam dan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup akan membuat kajiannya.
“Dalam rapat teknis ke-PU-an antara provinsi dan kabupaten bersama Bappeda, balai jalan, balai wilayah sungai, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat diharapkan ada koordinasi yang baik dalam perencanaan pembangunan 2017 serta seterusnya,” ujarnya pula.
Dia menuturkan selain pembangunan pada 2017, juga akan dibahas pekerjaan sementara sudah berjalan di kabupaten/kota pada 2016 seperti di bidang jalan.
“Pembangunan jalan yang sementara berjalan di kabupaten dan kota hingga kini masih mengalami kendala, untuk itu perlu adanya dukungan dari pemerintah kabupaten dan kota,” katanya lagi.
Dia menambahkan dukungan itu dapat berupa rekomendasi persetujuan mengenai jalur mana saja yang akan dilewati pembangunan dan ganti rugi tanah bagi jalan-jalan yang masih dihalangi oleh masyarakat.(anjas)