Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Dinas Sosial SUMSEL Minimalkan Penyimpangan Penyaluran RASKIN

0

Palembang, jurnalsumatra.com – Dinas Sosial Sumatera Selatan berhasil meminimalkan penyimpangan penyaluran beras khusus untuk masyarakat miskin atau raskin dengan menurunkan tim pengawas di kawasan permukiman penduduk pada saat berlangsungnya penyaluran raskin.
“Tim yang ditugaskan melakukan pengawasan penyaluran raskin telah menunjukkan kinerjanya dengan baik. Kondisi ini akan terus didorong lebih baik lagi sehingga bantuan salah satu kebutuhan pokok itu benar-benar dapat dinikmati oleh orang yang berhak,” kata Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Apriyadi di Palembang, Selasa.
Dia menjelaskan, keberhasilan meminimalkan penyimpangan penyaluran raskin, terbukti sekarang ini sudah sangat jarang masuknya pengaduan masyarakat yang merasa dirugikan oleh petugas penyaluran di kawasan permukiman penduduk.
Untuk terus menekan penyimpangan penyaluran raskin, pihaknya berupaya meningkatkan pengawasan penyaluran salah satu bantuan bahan pokok itu secara maksimal sehingga keluhan masyarakat miskin pada saat berlangsungnya penyaluran raskin ke depan benar-benar tidak terjadi lagi.
“Bantuan pengawasan tersebut dilakukan untuk mendukung program pemerintah pusat agar raskin benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dari keluarga kurang mampu dan dapat mencegah terjadinya permasalahan sosial,” ujarnya.
Menurut dia, berdasarkan evaluasi penyaluran raskin di wilayah provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu, hingga kini cukup baik.
Untuk mempertahankan kondisi tersebut serta menutup celah penyimpangan pendistribusian raskin jatuh ke tangan masyarakat yang tidak berhak, perlu ditingkatkan kegiatan pengawasan penyaluran di lapangan.
Setiap kegiatan penyaluran raskin, tim pengawas diturunkan ke lapangan secara acak pada kawasan yang selama ini sering dikeluhkan masyarakat rawan penyimpangan.
Jika dalam pengawasan ditemukan penyimpangan, siapapun pelakunya akan ditindak tegas dan dilaporkan kepada pihak kepolisian untuk memberikan efek jera kepada pelakunya dan sebagai langkah pencegahan terulangnya kasus serupa.
Selain memaksimalkan tim pengawas, pihaknya juga mengharapkan dukungan dari semua pihak dan lapisan masyarakat dalam melakukan pengawasan penyaluran raskin secara ketat agar tidak jatuh ke tangan orang yang tidak berhak.
Pendistribusian raskin berlangsung di kawasan permukiman penduduk, oleh karena itu partisipasi masyarakat memiliki peran yang sangat besar dalam menyukseskan program bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mencegah timbulnya permasalahan sosial itu, ujar Apriyadi. (anjas)