Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Sumsel Dukung Sriwijaya Dive Community Gali Potensi Maspari

0
Sumsel Dukung Sriwijaya Dive Community Gali Potensi Maspari

Sumsel Dukung Sriwijaya Dive Community Gali Potensi Maspari

Palembang, jurnalsumatra.com -Tak banyak yang mengetahui bahwa Provinsi Sumatera Selatan juga memiliki potensi wisata pantai yang indah dan tidak kalah dengan tempat wisata lain di Indonesia. Potensi wisata ini berada di Pulau Maspari tepatnya di Pantai timur Ogan Komering Ilir (OKI).

Keindahan Pulau Maspari ini menarik minat Sriwijaya Dive Community mengadakan kegiatan Observasi Pulau Maspari sekaligus rencana Pengibaran Bendera Asian Games di Bawah Air pada 23 sampai 27 April 2016 mendatang. Rencana positif ini mendapat dukungan penuh dari Pemprov Sumsel.

Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki menyarankan, agar pengurus komunitas ini dapat berkoordinasi dengan SKPD terkait dan melakukan kerjasama juga dengan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang. Hal itu disampaikan Ishak saat menerima pengurus Sriwijaya Dive Community di Ruang Kerja Wakil Gubernur Sumsel, Rabu (6/4).

Dalam kesempatan tersebut Ishak menjelaskan, bahwa Pulau Maspari merupakan sebuah pulau diwilayah OKI dengan luasan lebih kurang 200 hektare. Dahulunya pulau ini dimanfaatkan sebagai tempat pengembangan pembibitan udang yang digagas pada masa kepemimpinan Gubernur Sumsel, Rosihan Arsyad.

Selain pembibitan udang, dari Lanal Palembang juga pernah ingin bekerjasama agar Pulau Maspari dapat dimanfaatkan salah satunya sebagai lokasi Diklat menyelam Lanal Palembang.

“Mengenai rencana Observasi Pulau Maspari untuk menggali potensi wisata bawah lautnya, Pemprov Sumsel akan mendukung. Silahkan dilakukan penjajakan bila perlu bersama Lanal Palembang,” kata Ishak.

Kalau memang layak sebagai tempat wisata menyelam (diving), lanjut Ishak, tentunya Pemprov Sumsel akan mendukung terutama pembangunan fasilitas pendukung disana. Menurut dia, Pemprov Sumsel sangat mendukung rencana ini, namun penjajakan yang lebih dalam perlu dikakukan disertai perencanaan yang baik.

“Pada dasarnya kita mendukung, namun perlu dilakukan penjajakan terlebih dahulu. Pulau Maspari sendiri jelas memiliki potensi wisata seperti pantai yang indah dan banyak terdapat beberapa habitat penyu,” tutup Ishak.

Sementara itu, Pengurus Sriwijaya Dive Community, Tomo dan Septa mengatakan, pihaknya sangat tertarik dengan potensi yang ada di Pulau Maspari yang merupakan salah satu kawasan konservasi dengan gambaran keindahan bawah laut.

“Kita tertarik dengan Pulau Maspari untuk dijadikan kawasan wisata diving. Kita akan melakukan kegiatan observasi dan penelitian untuk melihat apakah pulau. ini cocok untuk wisata diving,” ungkap Tomo.

Menurut Tomo, Sriwijaya Dive Community memiliki gambaran potensi yang luar biasa dari Pulau Maspari. Walaupun sulit dijangkau karena jarak tempuh yang cukup jauh, pihaknya menilai wisatawan akan tetap datang ke pulau ini.

“Seperti wisatawan asal Singapura dan Malaysia tentu sangat tertarik, karena lebih dekat ke Pulau Maspari. Untuk itu, melalui observasi Pulau Maspari ini kita harapkan mendapatkan hasil yang tidak kalah dengan tempat wisata lain di Indonesia,” pungkasnya.(relis pemprov sumsel)