Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Di Palembang, Sebelas Siswa Tidak UN

0

PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Hari terakhir Ujian Nasional (UN) berbasis kertas, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang masih menerima laporan ada beberapa siswa yang absen mengikuti UN. Dari 12.560 siswa sekolah SMA sederajat yang mengikuti UN berbasis kertas ini, tercatat sebanyak 11 anak absen dengan alasan sakit.

Dengan demikian dapat dipastikan pada tanggal 11–13 April mereka akan mengikuti UN susulan. Hal ini disampaikan langsung Kasi Bidang Kurikulum Disdikpora Palembang, Drs Surmana MM. Ia menjelaskan, ada 6 siswa dari SMA, 1 siswa dari MA dan terakhir 4 siswa dari SMK.

“Alasan mereka rata-rata sakit dan sudah mendapatkan izin dari pihak sekolah masing-masing. Dari kesebelas orang tersebut satu siswa absen karena kecelakan ia siswa dari SMA Al-Azhra,” ujarnya.

Namun data tersebut masih belum lengkap karena ada UN yang menggunakan sistem UNBK masih tengah berjalan sampai tanggal tanggal 12 April nanti.

Sedangkan untuk UN kertas juga dijelaskannya untuk SMK masih tersisa satu hari lagi tanggal 7 April mata pelajaran kejuruan.

“Kemugkinan bisa bertambah bisa juga tidak. Tetapi karena semua data dari UNBK dan ada satu SMK lagi masih UN. Artinya jumlah siswa yang ikut UN susulan bisa bertambah,” ungkapnya.

Untuk lokasi UN susulan masih tidak berubah yakni bertempat di SMA Negeri 1 karena tahun lalu disanalah lokasi dilaksanakan. Sedangkan untuk soal mereka juga sudah memperhitungkannya jauh-jauh hari bertepatan dengan soal UN regular dilaksanakan.

“Soal sudah siap dan telah ada jauh hari, jadi semua non teknis dan teknis juga kami persiapkan,” tegasnya.

Sebagai koordinator UN Susulan Surmarna mengimbau agar semua siswa tetap mempersiapkan diri dalam mengikuti UN nanti. Kendati UN tahun ini, memang tidak mempengaruhi besar tingkat kelulusan siswa.

Tetap semua penilaian terhadap kualitsa sekolah dan siswa menjadi perhitungan dinas pendidikan hingga perguruan tinggi.

“UN tahun ini sebagai pemetaan sekolah mana yang memiliki kualitas. Jadi UN tahun ini sangat penting sekali. Jadi guru dan siswa juga harus mempersiapkan diri agar semuanya lancar,” jelasnya.(yuyun)