Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Penyegaran Kader Posyandu Lansia

0

Plakattinggi, Muba, Sumsel, jurnalsumatra.com – Guna meningkatkan pengetahuan terkait peran dan tugas pokok kader dalam melaksanakan tugas di posyandu. Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin melalui Puskesmas Cinta Karya menggelar  pertemuan penyegaran kader posyandu lansia di wilayah Puskesmas Cinta Karya, Rabu (6/4/2016).

Kepala Puskesmas Cinta Karya dr Ahmad Khoirul Anwar melalui Kasubbag Tata Usaha Puskesmas Cinta Karya Abdul Rahman SKM, saat membuka pertemuan mengatakan bahwa Posyandu Lansia merupakan tempat pelayanan kesehatan lansia bukan tempat pengobatan lansia dan jika ada keluhan atau ditemukan kelainan pada saat pemeriksaan kesehatan para kader melaksanakan rujukan ke Puskesmas.

Lanjutnya, pelayanan kesehatan di posyandu lansia meliputi pemeriksaan kesehatan fisik dan mental emosiaonal yang dicatat dan dipantau dengan kartu menuju sehat (KMS) untuk mengertahui lebih awal penyakit yang diderita atau deteksi dini ancaman masalah kesehatan yang dihadapi.

“Dengan adanya penyegaran kader posyandu lansia ini diharapkan para kader dapat memahami dan mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh ke wilayah posyandu masing-masing, sehingga posyandu lansia dapat terlaksana sesuai dengan harapan,” ungkapnya.

Dessy Fajarini S Farm Apt selaku pengelola program mengatakan bahwa pertemuan penyegaran kader posyandu lansia bertujuan untuk memberikan penyegaran pengetahuan kepada kader posyandu lansia mengenai fungsi posyandu lansia beserta tugasnya di posyandu.

Tambahnya pada pertemuan ini para kader posyandu lansia dilatih langsung oleh enam orang dokter internship dan satu orang perawat. Pelatihan tersebut meliputi pengetahuan umum mengenai posyandu lansia, pengukuran status gizi indeks massa tubuh (IMT), pengisian KMS dan buku registrasi, melakukan simulasi pelayanan posyandu lansia dan melakukan praktek langsung pemeriksaan gula darah.(relis humas muba sumsel)