Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


8.169 Siswa SMP Mataram Siap Ikuti UN

0

     Mataram, jurnalsumatra.com – Sebanyak 8.169 siswa tingkat SMP/sederajat di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, siap mengikuti ujian nasional (UN)tahun pelajaran 2015/2016.
“Sebanyak 8.169 siswa itu berasal dari 10 rayon pendidikan yang tersebar pada enam kecamatan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram H Sudenom di Mataram, Jumat.
Ujian nasional (UN) untuk tingkat SMP/sederajat akan berlangsung tanggal 9-12 Mei 2016.
Seperti halnya UN tingkat SMA/sederajat, katanya, UN tingkat SMP tahun ini juga ada yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).
Menurutnya, dari 8.169 siswa yang akan mengikuti UN tahun ini sebanyak 1.203 siswa merupakan peserta UNBK yang dilaksanakan pada enam sekolah.
Enam sekolah yang terdaftar melaksankan UNBK tahun ini adalah, SMPN 2 Mataram, SMPN 6 Mataram, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Mataram, SMP Kristen Aletheia Ampenan, SMP Katolik Kesuma Cakranegara dan SMP Kristen Tunas daud Mataram.

     “Sementara sebanyak 6.761 siswa mengikuti UN secara manual dan 205 orang merupakan peserta ujian paket B,” katanya.
Sudenom mengatakan, untuk melaksankan UN tingkat SMP telah disiapkan sebanyak 403 ruang kelas dengan 836 tenaga pengawas.
“Khusus untuk sekolah pelaksana UNBK, selain menyiapkan pengawas juga disiapkan 14 orang tenaga teknisi,” katanya.
Ia mengatakan, penyiapan tenaga teknisi itu bertujuan untuk mengantisipasi berbagai kendala teknis selama proses pelaksanaan UNBK.
Sementara terkait dengan persiapan, baik peserta UN manual maupun UNBK, dari laporan para kepala sekolah rata-rata menyatakan sudah siap, baik dari segi administrasi maupun mental siswa.
“Kesiapan siswa itu dilihat dari hasil latihan ujian dan ‘try out’ yang hasilnya cukup memuaskan,” katanya.(anjas)