Gubernur Papua Minta Dinkes Tingkatkan Infrastruktur Pelayanan

0

    Jayapura, jurnalsumatra.com – Gubernur Papua Lukas Enembe meminta Dinas Kesehatan setempat terus meningkatkan infrastruktur pelayanan kesehatan bagi masyarakat Bumi Cenderawasih.
“Peningkatan infrastruktur ini salah satunya keberadaan sarana dan prasarana kesehatan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat,” kata Lukas di Jayapura, Sabtu.
Menurut Lukas, jika sarana dan prasarana atau fasilitas kesehatan sudah tersedia maka pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan juga akan terpenuhi.

    “Dengan demikian kualitas kesehatan di Bumi Cenderawasih pun bisa meningkat dan masyarakat Papua bisa hidup dengan standar kehidupan yang baik,” ujarnya.
Untuk itu, terkait peringatan Hari Kesehatan Sedunia tahun 2016, pihaknya berharap derajat dan kualitas kesehatan masyarakat Papua dapat meningkat, mengingat semakin banyaknya sarana dan prasarana yang disediakan pemerintah.

    “Kini Dinas Kesehatan Provinsi Papua sudah memiliki kantor besar yang mengumpulkan unit-unit teknis pelayanannya, untuk itu diminta agar ada peningkatan kualitas kesehatan juga bagi masyarakat,” katanya lagi.
Dia berharap ke depan pengelolaan dana Otonomi Khusus (Otsus) khususnya di bidang kesehatan pun semakin ditujukan pada target dan tepat sasaran sehingga derajat kesehatan di Papua dapat meningkat.
“15 persen besaran dana Otsus bagi bidang kesehatan ini harus dikelola secara bijaksana sehingga mutu kesehatan yang diidamkan bagi orang Papua dapat dirasakan,” ujar Lukas.(anjas)