DPRD Usulkan Paw Jhon Dan Ridwan Ke MENDAGRI

0

Ambon, Jurnalsumatra.com – Sekretariat DPRD Maluku akan mengusulkan pergantian antarwaktu (PAW) Jhon Rahantoknam dan Ridwan Ely ke Mendagri Tjahlo Kumolo melalui Gubernur Said Assagaff.
Sekretaris DPRD Maluku, Roy Manuhuttu di Ambon, Senin, mengatakan, berkas PAW Jhon dan Ridwan akan disampaikan ke Mendagri melalui Gubernur Said pada pekan ini.
“Jadi setelah KPU Maluku merekomendasikan Jhon dan Ridwan, maka diusulkan ke Mendagri melalui Gubernur said agar proses PAW direalisasikan dalam waktu dekat,” ujarnya.
Jhon diusulkan menggantikan Daniel Wellem Kurnala yang mencalonkan diri sebagai Bupati Kepulauan Aru saat pilkada serentak pada 9 Desember 2015.
John merupakan politisi PDI Perjuangan yang berasal dari daerah pemilihan (Dapil) VI meliputi Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, dan Kabupaten Kepulauan Aru.
Sedangkan Ridwan Ely adalah politisi PKS asal Dapil Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang diusulkan untuk menggantikan Fachry Alkatiri yang saat ini menjadi wakil bupati setempat periode 2016-2021.
Welhelm yang menjadi calon Bupati Kepulauan Aru berpasangan dengan Aziz Goin. Keduanya ternyata tidak berhasil memenangkan pilkada Kepulauian Aru.
Mukti adalah Ketua DPRD SBT(Partai Golkar), sedangkan Aziz menjadi anggota DPRD Kepulauan Aru dari PDIP bersama Welhelm.
Sesuai Undang-Undang Nomor 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), pengganti anggota DPRD karena PAW oleh caleg peraih suara berikutnya.
Suara terbanyak kedua di Dapil V adalah Ridwan Ellys untuk PKS, sedangkan Dapil VI yakni Johan Rahantoknam.(anjas)