Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


PEMKAB Bondowoso Pajang Baliho Penggunaan APBD 2016

0

Bondowoso, 11/4 (Antara) – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, memajang baliho yang berisi data penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016 di tempat-tempat umum sebagai bentuk transparansi pengelolaan anggaran kepada masyarakat.
“Pemasangan baliho data penggunaan APBD 2016 di tempat umum ini memang inisiatif dari Pemerintah Kabupaten dan DPRD Bondowoso,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Pemerintah Kabupaten Bondowoso Haeriyah Yulianti di Bondowoso, Senin.
Ia mengemukakan langkah pemasangan baliho berisi data penggunaan APBD 2016 yang pertama kalinya ini juga merupakan aspirasi dari masyarakat yang berkeinginan mengetahui penggunaan anggaran oleh pemerintah daerah di Kota Tapai itu.
Selain itu, kata dia, pempampangan penggunaan APBD itu merupakan bagian dari upaya menciptakan iklim untuk aparat pemerintahan daerah setempat bahwa kinerja mereka selalu diawasi oleh rakyat sebagai pembayar pajak.
“Tujuannya agar masyarakat Bondowoso bisa mengetahui penggunaan anggaran dan hal tersebut juga merupakan keterbukaan informasi publik. Karena masyarakat juga berhak mengetahui rencana pembuatan kebijakan sebagai warga negara,” katanya.
Menurut Haeriyah, pemampangan data pengguanaan APBD 2016 ini juga mendorong pertisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik dan transparan serta dapat dipertanggungjawabkan.
Sementara itu Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Transparasni Junaedi Rofi mendukung pemasangan baliho penggunaan APBD 2016 di tempat umum itu karena masyarakat sebagai pembayar pajak akan tahu pengelolaan anggaran setiap tahunnya.
“Khusus bagi masyarakat awam dan tidak tahu internet sangat berguna bagi mereka, karena nantinya masyarakat tahu pengelolaan anggaran setiap tahunnya. Karena ini baru pertamakalinya dipampang ditempat umum data APBD selanjutnya saya harapkan juga terus dipampang di tempat umum,” katanya.(anjas)