Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Satu Hektare Ladang Ganja Ditemukan di OKI

0

df376eac-7dde-45e0-b845-60e5d8c86086KAYUAGUNG, jurnalsumatra.com -  Pihak kepolisian resort Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menemukan ladang ganja seluas satu hektar di Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang OKI Sumatera Selatan, Selasa (12/4/2016).

Penemuan ladang ganja tersebut merupakan kali pertama di Kabupaten OKI.

Berdasarkan informasi yang dihimpun pihak kepolisian sudah berada di lokasi sejak Selasa (12/4/2016) sekira pukul 06.00 WIB pagi, dari ladang ganja yang ditemukan tersebut pihak kepolisian berhasil mengamankan sebanyak 1170 batang pohon ganja dan dua pondok tempat perakitan senjata.

Kapolres OKI, AKBP M Zulkarnaen, SIK melalui Kabag Ops Kompol I Ketut Suarnaya SIK mengatakan, penemuan ladang ganja di desa sungai ceper ini merupakan kali pertama.

” Ada sekitar 1170 batang ganja yang kita amankan dan saat ini kita masih berada di lokasi, untuk lebih jelasnya besok kita adakan jumpa pers dengan teman-teman wartawan terkait penemuan ini,”ungkapnya.

Kades Sungai Ceper, Muliyadi mengatakan, lokasi ladang ganja tersebut berada di hutan rawa sekitar 6 kilometer dari pusat desa dengan menggunakan jalur tikus.

Menurutnya, sistem penanaman ganja tersebut dengan menggunakan polybag untuk sementara belum diketahui lahan tersebut milik siapa.

“Dugaan sementara pohon ganja tersebut ditanam oleh warga sekitar tapi hanya dipekerjakan sebagai petani dan diperkirakan ada pemasok dari luar, saat ini sebagian pohon ganja tersebut telah dimusnahkan di lokasi.

Sementara itu, Camat Sungai Menang, Bahrul Amik membenarkan terkait penemuan ladang ganjah di wilayahnya menurutnya penemuan tersebut berkat laporan dari masyarakat. ” Memang ada penemuan ladang ganja seluas satu hektar saat ini kita bersama pihak kepolisian sedang melakukan penyisiran,”katanya.

Bahrul menerangkan, saat ini pihak kepolisian sedang melakukan penyisiran ditempat lainnya karena ada info ladang ganja ini ada juga di Dusun 8, desa sungai menang, kecamatan sungai menang. “Ketinggian ganja yang ditemukan tersebut sekitar 2 meter diperkirakan berumur 4 sampai 5 bulan,”katanya.

Menurutnya, informasi penanaman ganja tersebut sudah terdengar sejak 1 tahun akan tetapi belum diketahui dimana lokasinya dan ini merupakan penemuan pertama.

“Kita belum mengetahui lahan tersebut milik siapa tapi yang jelas milik warga sekitar. Untuk sementara warga masih bungkam dan belum memberikan informasi,” jelasnya.(ata/rico)