Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


BC Batam Musnahkan Berbagai Barang Selundupan

0

Batam, jurnalsumatra.com – Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai (BC) Tipe B Batam memusnahkan barang sitaan berupa bawang, ikan dalam kaleng, minuman beralkohol, dan rokok ilegal hasil beberapa kali penindakan pada 2016.
“Ini hasil penindakan kami bersama instanai lain. Yang disini (BC Batam) hanya simbolis saja, lainnya dilaksanakan di Kawasan Pengelolaan Limbah Industri Nongsa,” kata Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe B Batam Nugroho Wahyu Widodo di Batam, Kamis.
Barang yang dimusnahkan terdiri dari bawang sebanyak 4.770 kilogram, sarden 600 kaleng, minuman beralkohol berbagai merek 965 botol atau 723,75 liter, dan 14.352 kaleng, rokok berbagai merek 1,79 juta batang.
“Kerugian negara atas barang-barang tersebut mencapai sekitar Rp679,525 juta,” kata dia.
Untuk bawang dan minuman beralkohol penusnahan dilakukan dengan cara digilas beberapa kali dengan sebuah alat berat hingga hancur, sementara untuk rokok dimusnahkan dengan cara dibakar.
“Kalau disini semua tidak mungkin. Jadi kami percayakan pada perusahaan yang profesional untuk melakulan pemusahan,” kata Nugroho.
Ia mengatakan rata-rata barang yang dimusnahkan tersebut merupakan barang selundupan asal Malaysia.
“Sesuai perintah Presiden Joko Widodo, kami akan terus tingkatkan pengawasan agar tidak ada barang ilegal masuk,” kata dia.
Pemusnahan di kantor BC Batam juga diskikan oleh Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian, perwakulan dari kejaksaan, perwalilan PT Desa Air Kargo, Bapedal Batam.
Kapolda mengatakan akan meningkatkan kerjasama dalam meningkatkan pengawasan barang-barang ilegal agar tidak masuk Kepri.
“Kami sudah sepakat meningkatkan kerjasama untuk mengawasi barang-barang ilegal agar tidak masuk Kepri,” kata dia.(anjas)