Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Dana Desa 2016 Di Pamekasan Belum Cair

0

Pamekasan, jurnalsumatra.com – Dana desa 2016 untuk tahap pertama di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur hingga saat ini belum cair dan masih menunggu transfer dana dari pemerintah pusat.
Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bappemas Pemdes) Pemkab Pamekasan Achmad Faisol di Pamekasan, Kamis, hingga saat ini pihaknya belum menerima kabar dari pemerintah pusat bahwa dana desa telah ditransfer ke kas daerah.
“Kalau sudah ditransfer, biasanya kami diminta untuk menginformasikan ke masing-masing desa agar mengajukan proposal pencairan,” katanya.
Sesuai jadwal yang ditetapkan pemerintah pusat, pencairan dana desa untuk tahap pertama pada April 2016.
Dana Desa di Pamekasan, Madura tahun ini sebesar Rp121 miliar. Dana ini untuk 178 desa di 13 kecamatan.
Menurut Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) Pemkab Pamekasan Taufikurrahman, hal lain yang menjadi penyebab lambatnya pencairan dana desa karena laporan penggunaan dana 2015 sebagian belum rampung.
Ia menjelaskan sebelum laporan realisasi penggunaan dana desa dari seluruh desa di Pamekasan ini tuntas, maka dana desa belum dicarikan.
“Kami telah meminta ke masing-masing kepala desa melalui camat agar desa yang belum merampungkan laporan penggunaan dananya segera merampungkannya,” kata Taufik menjelaskan.(anjas)