Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Bengkalis Peringati Hari Kesadaran Nasional Dan HUT Damkar

0

     Bengkalis, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, memperingati Hari Kesadaran Nasional sekaligus melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-97 Pemadam Kebakaran (DAMKAR) tingkat kabupaten tahun 2016, Senin.
Peringatan Hari Kesadaran Nasional sekaligus peringatan HUT Damkar yang digelar bersamaan dengan apel pagi tersebut dipusatkan di halaman Kantor Bupati Bengkalis.
Sempena HUT ke-97 Damkar, Bupati Bengkalis, Amril Mukminin mengajak seluruh warganya untuk memberikan apresiasi kepada seluruh petugas Damkar di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan yang ikut membantu suksesnya tugas pada petugas Damkar.
Menurutnya, petugas Damkar adalah pahlawan yang setiap saat senantiasa siap memberikan bantuan atau pertolongan kepada masyarakat. Bukan hanya pada bencana kebakaran, tetapi juga bencana lain, seperti banjir, angin puting beliung dan sebagainya.

     Disamping itu, Amril juga berharap kepada petugas Damkar untuk selalu siap siaga, tidak lengah, harus sigap, cepat, cekat, dan cerdas dalam menghadapi bencana kebakaran. Tidak terkecuali kebakaran lahan dan hutan (Karlahut).
“Dengan tetap berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, petugas Damkar di daerah ini harus siap siaga 24 jam. Sesuai motto ‘Pantang Pulang Sebelum Api Padam, Walaupun Nyawa Taruhannya, harus menjadi garda terdepan dalam mencegah dan mengatasi bencana Karlahut di daerah ini,” ujar Amril.
Ia menjelaskan, pada tahun 2016 ini pemerintah sudah mencanangkannya sebagai tahun ‘perang’ terhadap Karlahut. Sehingga bencana kabut asap tahun 2015 yang mengakibatkan lebih dari sebulan, khususnya Provinsi Riau dan juga daerah ini dirundung kabut asap, tidak terulang lagi.
“Lakukan dan ajak masyarakat melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dengan mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan, daripada tindakan responsif kebakaran. Lebih-lebih di lahan gambut, sehingga peristiwa kabut asap tahun 2015 lalu, tidak kembali terjadi lagi,” kata Amril usai apel tersebut.(anjas)