Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


DPRD Riau Sayangkan Penundaan Pelantikan Bupati Terpilih

0

Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau menyayangkan penundaan pelantikan dua bupati terpilih Rohul dan Pelalawan yang akan dilaksanakan hari ini (Selasa) di ruang paripurna oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri).
“Penundaan secara mendadak ini sangat disayangkan, karena sudah menghabiskan banyak anggaran, sedangkan pihak DPRD Riau sudah mempersiapkan semenjak kemarin sore,” ujar Wakil Ketua DPRD Riau, Sunaryo, sebelum menemui Plt. Gubri.
Lebih lanjut dikatakannya, ia tadi malam menerima pesan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) atas pembatalan pelantikan bupati terpilih Rohul dan Pelalawan hari ini Selasa (19/4).
“Sampai batas  waktu yang belum ditentukan. Sedangkan untuk isi surat saya tidak tahu secara pasti. Informasinya, pertama Suparman yang menunggu defenitif Gubernur, sedangkan Harris menunggu kesiapan dari pemprov Riau. Informasinya seperti itu,” ucapnya.
Pelantikan untuk kedua bupati terpilih Rohul dan Pelalawan yang semula akan dilaksanakan hari ini di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau akan ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.
Hal tersebut tampak jelas dari spanduk yang terpasang di gerbang DPRD Riau dan selebaran-selebaran yang dibagikan dengan isi “Mohon maaf acara pelantikan Bupati Rohul dan Pelalawan ditunda pelaksanaannya sampai waktu yang ditentukan”.
Sementara itu, ratusan warga yang ingin menyaksikan bupati terpilih Rohul dan Pelalawan tidak diperbolehkan masuk ke gedung DPRD Riau oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) yang berjaga-jaga di gerbang.
Kemudian, anggota DPRD Kabupaten DPRD Kabupaten Rokan Hulu yang memadati pekarangan gedung untuk pelantikan menyatakan sangat kecewa atas ditundanya pengukuhan Bupati terpilihnya Suparman-Sukiman hari ini, Selasa.
“Kita sudah membawa anggota dan masyarakat sebanyak kurang-kurang lebih dari 2000 orang. akan tetapi yang mendapat undangan 200 orang,”  ujar anggota DPRD Kabupaten Rohul, dari fraksi Golkar, Rusdi.
Akan tetapi, karangan bunga untuk kedua bupati terpilih juga sudah ramai berjejer disepanjang jalan dan pekarangan DPRD Riau untuk memberi ucapan selamat. Kemudian di dalam gedung di ruang paripurna tempat pelantikan akan dilaksanakan pagi ini  tidak ada aktifitas sama sekali.
Dikatakan Rusli bahwa ia meminta kepada pihak yang berwewenang atas pelantikan kedua bupati terpilih tersebut untuk bersikap dewasa.
“Jika memang ditunda harus ada regulasi yang jelas dari mereka,” ucapnya.
Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Rohul yang lain mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada secarik kertas pun yang dilontarkan menyatakan Suparman bersalah.
Menurutnya jika memang itu alasan mendagri menunda pelantikan bupati terpilih Rohul, itu bukan sikap yang seharusnya. Karena menurut undang-undang harusnya tetap dilantik hari ini.(anjas)