Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Jalin Kerjasama Antara Bidan dan Dukun Bayi

0
 penandatanganan kesepakatan kemitraan bidan dan dukun di Desa Sungai Batang, Selasa (19/4).

penandatanganan kesepakatan kemitraan bidan dan dukun di Desa Sungai Batang, Selasa (19/4).

SEKAYU, jurnalsumatra.com – Guna menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), khususnya di wilayah kerja Puskesmas Cinta Karya, Dinas Kesehatan Kabupaten Muba melalui Puskesmas Cinta Karya Mengadakan pertemuan kemitraan antara bidan dan dukun beranak di Desa Sungai Batang, Selasa (19/4/2016).

Kepala Desa Sungai Batang Imron dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung adanya pertemuan ini, karena pertemuan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi serta diharapkan pertemuan ini dapat menjalin hubungan yang baik antara bidan dan dukun.

Senada dengan itu, Kepala Puskesmas Cinta Karya dr Ahmad Khoirul Anwar melalui  Kasubbag Tata Usaha Puskesmas Cinta Karya Abdul Rahman SKM mengatakan, tujuan dari pertemuan ini untuk mensosialisasikan peran bidan dan dukun dalam masa kehamilan, persalinan dan nifas serta membentuk komitmen bersama antara bidan dan dukun.

Lebih lanjut dijelasnya, dukun-dukun akan menjadi kader kesehatan dan mitra bidan dalam membantu proses kehamilan, persalinan dan nifas, dukun diharapkan membantu bidan melakukan konseling, edukasi kesehatan dan mengenali tanda-tanda bahaya bagi ibu dan bayi. Dukun mengajak para ibu untuk kontrol kehamilan kebidan dan membantu proses inisiasi menyusui dini (IMD), persiapan menuju persalinan, konseling KB pasca persalinan dan edukasi masa nifas.

“Dengan adanya pertemuan kemitraan ini, diharapkan agar bidan dan dukun dapat bekerja sama dalam menjalankan tugasnya masing-masing dalam melayani masyarakat, khususnya ibu hamil yang akan melahirkan. Sehingga ibu dan bayi tetap dalam keadaan sehat”, harapnya.

Setelah melakukan kemitraan ini para peserta pertemuan melakukan penandatanganan kesepakatan kemitraan bidan dan dukun yang ditandatangani oleh perwakilan pihak kecamatan, polsek, Dinas Kesehatan, Puskesmas, bidan poskesdes Sungai Batang, Rimba Ukur dan Sungai Medak, dukun serta saksi tokoh masyarakat.(relis humas pemkab Muba Sumsel)