Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Aji Tolak Ambon Tuan Rumah HPN 2017

0

Ambon, jurnalsumatra.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Ambon menolak kota ini dijadikan tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2017 mendatang.
“Kami juga meminta Pemprov dan DPRD Maluku untuk mencabut kembali rekomendasi yang telah dikeluarkan guna mendukung pelaksanaan HPN di daerah ini,” kata Ketua AJI setempat, Abu Angkotasan di Ambon, Jumat.
AJI Ambon juga menyesalkan pernyataan Plt Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Maluku, Fredom Toumahuw ke sejumlah media massa yang mengklaim seluruh wartawan mendukung pelaksanaan HPN di Ambon tahun 2017.
Menurut dia, ada kekeliruan dari pernyataan tersebut karena AJI Ambon sebagai lembaga profesi yang juga beranggotakan para jurnalis atau wartawan dari berbagai media cetak, media eletronik tidak pernah bersepakat untuk mendukung gagasan pelaksanaan HPN tahun depan.
“Dasar apa mengkalaim seluruh wartawan mendukung HPN, kami AJI Ambon menolak dan tidak terlibat dalam HPN,” tegas Abu.
HPN, kata Angkotasan hanya seremonial yang tidak menguntungkan insan pers di manapun terutama dalam kampanye kebebasan pers dan kebebasan berekspresi di Maluku.
Mestinya sebagai bagian dari pilar demokrasi, pers harus tetap menjadi anjing penjaga untuk mengawasi setiap penyelenggaraan pelayanan publik dan penyelewengan yang terjadi dalam pemerintahan.
“Pers harus menjaga independensinya, dan berkaca dari berbagai HPN di daerah lain juga tidak menguntungkan daerah dan masyarakat,” ujar Abu.(anjas)