Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Dinkes Situbondo Akan Buat Puskesmas Percontohan

0

    Situbondo, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, merencanakan membuat pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) percontohan dalam peningkatan pelayanan dengan memerbaiki sarana dan prasarana agar pasien tidak perlu lagi dirujuk ke rumah sakit.
“Rehabilitasi sarana dan prasarana puskesmas akan dilaksanakan pada tahun 2017,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Abu Bakar Abdi di Situbondo, Sabtu.
Abu mengatakan bahwa pihaknya sudah mengajukan anggaran sebesar Rp12 miliar untuk rehab gedung pada enam puskesmas.

    Dengan memperbaiki sarana dan prasarana enam puskesmas berkarakter dan menjadi percontohan dalam pelayanan kesehatan, menurut dia, masyarakat tidak perlu lagi datang ke rumah sakit untuk berobat karena di setiap puskesmas sudah dilengkapi tempat rawat inap dan peralatan medis yang memadai.
Ia menyebutkan enam dari 17 puskesmas yang akan menjadi percontohan, yakni Puskesmas Kecamatan Jangkar, Mangaran, Panarukan, Kendit, Bungatan, dan Puskesmas Jatibanteng, yang letaknya berada di daerah pergunungan.
“Di enam puskesmas tersebut sudah memiliki peralatan medis yang memadai. Saat ini kami hanya akan melakukan rehab gedung dan menyediakan ruang inap agar masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk berobat,” katanya.

    Menurut dia, Dinas Kesehatan mengajukan anggaran Rp12 miliar untuk merehab enam puskesmas tersebut karena sebagian besar sudah terakreditasi dan sebagian lagi masih dalam akreditasi.
“Peningkatan pelayanan kesehatan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 tahun 2015 tentang Ketersediaan Sumber Daya Manusia dan Perbaikan Sarana dan Prasana,” tuturnya.
Mantan Kepala Bidang Tata Usaha RSUD dr. Abdoerrahem Situbondo itu juga menyampaikan bahwa saat ini puskesmas di Situbondo menjadi percontohan nasional sehingga harus terus berbenah meningkatkan pelayanan kesehatan maupun perbaikan sarana dan prasarana.(anjas)